DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF PERAKITAN KOMPUTER KELAS X SMK BERBASIS WEB DENGAN METODE DEMONSTRASI
PENGARANG:MUHAMMAD FEBRY MAHFUZ
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2021-07-30


Perakitan komputer merupakan salah satu keterampilan yang sepatutnya dikuasai oleh anak kelas X SMK jurusan komputer. Namun, pada kenyataannya terdapat hambatan dalam proses pembelajaran perakitan komputer. Sehingga diperlukan media pembelajaran yang dapat membantu mengatasi masalah tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengembangkan media pembelajaran perakitan komputer, dan (2) menganalisis kelayakan media pembelajaran perakitan komputer tersebut. Adapun metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development. Uji coba penelitian bertempat di SMK Negeri 3 Banjarmasin dengan teknik pengumpulan data berupa wawancara, angket, dan tes hasil belajar. Subjek penelitian terdiri dari 30 orang siswa dan 1 orang guru mata pelajaran bersangkutan. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif. Berdasarkan hasil dari penelitian, diketahui bahwa: (1) pengembangan media pembelajaran perakitan komputer menggunakan model pengembangan ADDIE, teknologi yang digunakan antara lain HTML, CSS, Javascript, JQuery, Firebase, JSON, Construct2, X3DOM, dan Blend4web, (2) hasil uji kelayakan media pembelajaran menunjukkan bahwa media pembelajaran layak dengan memenuhi tiga kriteria yakni kevalidan, keefektivan, dan kepraktisan. Hasil uji kevalidan yang dilakukan oleh 2 orang ahli materi dan 2 orang ahli media menunjukkan kriteria validitas sangat tinggi. Hasil uji keefektivan yang diukur berdasarkan hasil belajar  peserta didik memperoleh persentase ketuntasan sebesar 80%. Sedangkan hasil tanggapan pengguna menunjukkan respon positif dari guru dan siswa. Sehingga media pembelajaran yang dikembangkan dapat dikatakan layak.

 

Kata kunci: perakitan, komputer, SMK, media, pembelajaran

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI