DIGITAL LIBRARY



JUDUL:STUDI DISPARITAS PEMBANGUNAN EKONOMI DI PROVINSI KALIMANTAN SELATAN DAN KALIMANTAN TENGAH TAHUN 2010-2019
PENGARANG:NITA NABILA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2021-07-30


Studi Disparitas Pembangunan Ekonomi di Provinsi Kalimantan Selatan dan Kalimantan Tengah Tahun 2010-2019. Pembimbing: Dr. Dewi Rahayu, SE., MP.

Penelitian ini dilakukan untuk (1) menganalisis tingkat disparitas pembangunan di Kalimantan Selatan dan Kalimantan Tengah. (2) Untuk mengetahui pengaruh PDRB Per Kapita, Total Belanja Per Kapita dan IPM terhadap disparitas pembangunan ekonomi di Provinsi Kalimantan Selatan dan Kalimantan Tengah.

Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Data yang digunakan berupa data cross section 2 Provinsi dan time series periode 2010-2019. Untuk mengukur tingkat disparitas menggunakan Indeks Williamson dan diolah dengan analisis data panel dengancommon effect model.

Hasil Penelitian ini menunjukkan bahwaIndeks Williamson di Kalimantan Selatan berkisar antara 0,4353-0,5529 dan Kalimantan Tengah berkisar antara 0,1983-0,4302. Berdasarkan analisis regresi data panel PDRB Per Kapita berpengaruh  negatif signifikan terhadap disparitas pembangunan di Kalimantan Selatan dan Kalimantan Tengah, Total Belanja Per Kapita berpengaruh positif tidak signifikan terhadap disparitas pembangunan di Kalimantan Selatan dan Kalimantan Tengah dan IPM berpengaruh negatif signifikan terhadap disparitas pembangunan di Kalimantan Selatan dan Kalimantan Tengah pada Tahun 2010-2019.

Kata Kunci: Indeks Willimason, Ketimpangan Regional, PDRB Per Kapita, Total Belanja Per Kapita, IPM.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI