DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN BERBASIS INQUIRY TERBIMBING UNTUK MELATIHKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS PADA MATERI AJAR GETARAN HARMONIS
PENGARANG:Ronaldi
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2021-07-30


Rendahnyaketerampilanproses sains pada pesertadidik mendorongpeneliti untuk mengembangkanperangkat pembelajaranmelaluimodel pembelajaran inquiry terbimbing.Tujuanpenelitian adalah untuk menghasilkan perangkatpembelajaranberbasisinquiry terbimbinguntukmelatihkan keterampilanproses sainspada materi ajar getaran harmonis yang valid dan praktis. Design diujicobakan pada siswa di kelas X MIPA 4 SMANegeri 8 Banjarmasin. Pengumpulandata penelitian peserta didikdilakukan melaluilembar validasi produk, lembar observasi keterlaksanaan RPPdan contoh keterampilan proses sains peserta didik. Teknikanalisisdata ini dilakukansecara deskriptif.Dari hasil penelitian dapat diketahui bahwa: 1)validitaspembelajaranuntukRPP,materi ajar dan LKPDdalam kategoriyang sangatbaik; 2) kepraktisan yangdilihat darilembar keterlaksaan RPPberkategorisangatbaik.Diperolehsimpulan bahwaperangkat dalam pembelajaranberbasis inquiry terbimbinguntuk melatihkanketerampilansains pada materi ajar getaran harmonis yangdikembangkan adalahvaliddan praktis.

Kata Kunci: Perangkat Pembelajaran,Inquiry terbimbing, keterampilan proses sains

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI