DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN PREDICT-OBSERVE-EXPLAIN (POE) BERBASIS AUTHENTIC PROBLEM UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK
PENGARANG:AULIA FAUZAN NOOR
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2021-07-30


Pembelajaran IPA dituntut untuk mampu mengembangkan keterampilan berpikir kritis serta menyelesaikan berbagai permasalahan otentik. Berdasarkan hasil studi pendahuluan, proses pembelajaran IPA dinilai belum menekankan pada pengembangan keterampilan berpikir kritis. Penelitian dilaksanakan dengan tujuan untuk mengembangkan perangkat pembelajaran POE berbasis authentic problem yang layak untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis peserta didik.

Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan model pengembangan Tessmer yang meliputi evaluasi diri, uji ahli, uji perorangan, uji kelompok kecil, dan uji lapangan. Subjek uji coba penelitian adalah 8 orang peserta didik kelas VIIIE dan 29 orang peserta didik kelas VIIIF SMPN 33 Banjarmasin.

Data hasil penelitian diperoleh dari nilai validitas, kepraktisan, dan keefektifan perangkat pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran dikategorikan sangat valid, praktis dan efektif. Perangkat pembelajaran POE berbasis authentic problem layak untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis peserta didik.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI