DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENGEMBANGKAN ASPEK KOGNITIF ANAK DALAM MENGKLASIFIKASIKAN BENDA BERDASARKAN BENTUK, WARNA, DAN UKURAN MENGGUNAKAN KOMBINASI MODEL EXPLICIT INSTRUCTION, EXAMPLES NON EXAMPLES DENGAN MEDIA KONKRIT PADA KELOMPOK B RAUDHATUL ATHFAL SULTAN SURIANSYAH
PENGARANG:RAHMAWATI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2021-07-31


Rahmawati. 2021.Mengembangkan Aspek Kognitif anak dalam     Mengklasifikasikan Benda Berdasarkan Warna, Bentuk Dan Ukuran Menggunakan Kombinasi Model Explicit Instruction, Exampless Non Examples, dengan Media Konkrit Pada Kelompok BRaudhatul Athfal Sultan Suriansyah”. Skripsi Program S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Dosen Pembimbing Dr. Nina Permata Sari, S. Psi., M. Pd.

 

Kata Kunci : Kognitif, Explicit Instruction, Examples Non Examples, Media Konkrit.

 

Penelitian ini dilatar belakangi pada belum berkembang kognitif anak dalam indikator mengklasifikasikan benda berdasarkan bentuk, warna dan ukuran ini ditandai dengan kurangnya variasi kegiatan yang menstimulus kemampuan kognitif anak yang mana kegiatan hanya terpaku pada aktivitas penggunaan pensil dan kertas, selain itu kurangnya penggunaan media pembelajaran yang menarik sehingga anak cepat merasa bosan. Penelitian ini bertujuan mengetahui aktivitas guru, aktivitas anak dan hasil pengembangan aspek kognitif dalam menglasifikasikan benda berdasarkan warna, bentuk dan ukuran menggunakan kombinasi model Explicit Instruction, Exampless Non Examples, dengan Media Konkrit.

 

Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan deskriptif kualitatif yang dirancang 3 kali pertemuan dalam jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian ini adalah anak kelompok B Raudhatul Athfal Sultan Suriansyah yang berjumlah 12 orang anak. Jenis data menggunakan jenis data kualitatif. Cara mengumpulkan data menggunakan kualitatif dan kuantitatif.

 

Hasil penelitian ini menunjukan bahwa aktivitas guru pertemuan 1 sampai 3 meningkat dari 23 hingga 28 dengan kriteria sangat baik. Aktivitas anak pada pertemuan 1 sampai 3 meningkat dari 33% hingga 92% dengan kriteria sangat aktif. Hasil capaian perkembangan kognitif anak pada pertemuan 1 sampai pertemuan 3 meningkat dari 25% sampai dengan 92% dengan kriteria berkembang sesuai harapan (BSB).

 

Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa mengklasifikasikan benda berdasarkan warna, bentuk dan ukuran menggunakan kombinasi model Explicit Instruction, Exampless Non Examples, dengan Media Konkrit pada kelompok BRaudhatul Athfal Sultan Suriansyah dan hipotesis penelitian ini dapat diterima. Oleh karena itu disarankan model tersebut dapat dijadikan salah satu alternatif dalam meningkatkan aktivitas guru, aktivitas anak yang berdampak pada hasil perkembangan kognitif anak.

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI