DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Analisis Perbandingan Kepuasan Pasien Dalam Pelayanan Kesehatan Gigi Rumah Sakit Di Banjarmasin Tahun 2021 (Studi Pada RS Suaka Insan dan RSUD Sultan Suriansyah)
PENGARANG:DEWI WULANDARI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2021-08-02


 

ABSTRAK

 

Latar Belakang: Salah satu upaya pembangunan bidang kesehatan adalah tersedianya pelayanan kesehatan yang berkualitas, terjangkau, dan memenuhi harapan masyarakat. Pelayanan kesehatan dinilai baik apabila dapat menimbulkan rasa puas pada setiap pasien sesuai dengan tingkat kepuasan rata-rata penduduk. Kepuasan pasien merupakan salah satu indikator kualitas pelayanan yang diberikan dan kepuasan adalah suatu modal untuk mendapatkan pasien dan kunjungan lebih banyak. Tujuan: Penelitian ini bertujuan menganalisis perbedaan tingkat kepuasan pelayanan kesehatan gigi di Rumah Sakit Suaka Insan dan Rumah Sakit Sultan Suriansyah Banjarmasin tahun 2021. Metode: Penelitian ini menggunakan metode observasional analitik dengan rancangan penelitian cross-sectional. Teknik pengambilan sampel dengan teknik purposive sampling dengan sampel sebanyak 130 responden untuk kedua rumah sakit yaitu di Rumah Sakit Suaka Insan dan Rumah Sakit Sultan Suriansyah.  Hasil: Hasil uji analisis mann whitney menunjukan terdapat perbandingan kepuasan Pasien secara tidak bermakna dalam pelayanan kesehatan gigi di Rumah Sakit Suaka Insan dan Rumah Sakit Sultan Suriansyah dengan nilai Asymp Sig. (2-tailed) sebesar 0.056 (p>0,05)  berdasarkan aspek tangible, reliability, responsiveness, assurance, dan emphaty. Nilai rata-rata di Rumah sakit Suaka Insan lebih besar yaitu  93,8% sedangkan di RS Sultan Suriansyah 83,1%. Kesimpulan: Tidak terdapat perbedaan yang signifikan pada kepuasan pelayanan kesehatan gigi di Rumah Sakit Suaka Insan dan Rumah Sakit Sultan Suriansyah.

 

 

 

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI