DIGITAL LIBRARY



JUDUL:ANALISIS PENGARUH PRODUKSI KARET, LUAS AREAL, DAN HARGA TERHADAP PDRB SEKTOR PERKEBUNAN TAHUN 2010-2019 KABUPATEN TANAH BUMBU
PENGARANG:NIMANG TRIANI HARYATI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2021-08-02


Penelitian ini bertujuan untuk (1) menganalisis seberapa besar pengaruh produksi karet terhadap PDRB Sektor Perkebunan di Kabupaten Tanah Bumbu (2) menganalisis seberapa besar pengaruh luas areal terhadap PDRB Sektor Perkebunan di Kabupaten Tanah Bumbu (3) menganalisis seberapa besar pengaruh harga terhadap PDRB Sektor Perkebunan di Kabupaten Tanah Bumbu. Periode tahun yang digunakan dari tahun 2010 sampai dengan 2019.

Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis regresi linier berganda menggunakan metode kuadrat terkecil (Ordinary Least Squere) untuk menganalisis seberapa besar pengaruh dari variabel bebas terhadap variabel terikat. Berdasarakan jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan sumber pengambilannya jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder.

            Hasil penelitian ini yaitu (1) menunjukkan produksi karet, luas areal dan harga berpengaruh signifikan secara simultan terhadap PDRB Sektor Perkebunan di Kabupaten Tanah Bumbu (2) menunjukkan hasil penelitian ini bahwa luas areal merupakan faktor produksi yang paling besar berpengaruh positif dan signifikan terhadap PDRB Sektor Perkebunan di Kabupaten Tanah Bumbu.

Kata Kunci: PDRB Sektor Perkebunan, Produksi Karet, Luas Areal, Harga.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI