DIGITAL LIBRARY



JUDUL:STRATEGI KAMPANYE POLITIK PASANGAN CALON WALIKOTA DAN WAKIL WALIKOTA BANJARMASIN DALAM PILKADA SERENTAK PADA MASA COVID-19 TAHUN 2020 (Studi Pada Pasangan Walikota Terpilih Ibnu Sina-Arifin Noor)
PENGARANG:DESY WINDRIYANI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2021-08-02


ABSTRAK

 

            Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui mengetahui Strategi Kampanye Politik Ibnu Sina-Arifin Noor Dalam Pilkada Serentak Pada Masa Covid-19 Banjarmasin tahun 2020.

            Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif-deskriptif Pada penelitan ini informan penelitian penelitian di tentungan dengan teknik tringulasi data. Penggabungan tiga teknik pengumpulan data mulai dari observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan pengumpulan data, reduksi data, display data dan verifikasi data serta penarikan kesimpulan.

Hasil penelitian tentang strategi Kampanye Politik Ibnu Sina-Arifin Noor yang digunakan dalam Pilkada Walikota Banjarmasin Pada masa Covid-19 2020 dapat disimpulkan bahwa dilihat dari 4 (empat) jenis teknik kampanye politik (Riswandha Imawan 1992) yaitu: 1)Door to door. Pasangan Ibnu Sina-Arifin Noor melaksanakan kampanye dari pintu ke pintu yang yang sudah terjadwal. 2)Grup Discussion . Dalam teknik discussion group menjelaskan bahwa anggota masyarakat terlibat langsung dengan persoalan dan usaha memecahkan persoalan masyarakat yang ada bersama Ibnu Sina-Arifin Noor.  3)Inderect mass-campaign. melakukan beberapa aktivitas kampanye secara face to face kepada masyarakat dengan tetap mematuhi protokol kesehatan. 4)Direct mass-campaign. Selain kampanye melalui brosur dan famplet pemilihan sosial media menjadi salah satu alternatif strategi kampanye pada masa pandemi covid-19 saat ini seperti Facebook, Twitter, Instagram dll.

Saran untuk mencapai sebuah kemenangan dalam kontestasi pilkada memang memerlukan kerja keras, hal ini pun sudah dilakukan oleh pasangan terpilih Ibnu Sina-Arifin Noor dan diharapkan dapat memberikan masukan kepada calon kepala daerah dalam menyusun strategi kampanye pada masa pandemi. 

 

Kata Kunci: Strategi, Kampanye Politik Pada Masa Covid-19, Pilkada

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI