DIGITAL LIBRARY



JUDUL:SISTEM INFORMASI PENERBITAN IZIN MENDIRIKAN BANGUNAN (IMB) PADA DINAS PENANAMAN MODAL DAN PELAYANAN TERPADU SATU PINTU KABUPATEN BALANGAN
PENGARANG:MUHAMMAD SYARIFUDDIN NOOR
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2021-08-02


ABSTRAK

 

Muhammad Syarifuddin Noor, 2021. Sistem Informasi Penerbitan Izin Mendirikan Bangunan (IMB) Pada Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kabupaten Balangan. Tesis, Program Studi Magister Teknik Sipil Bidang Manajemen Konstruksi Fakultas Teknik Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Dibimbing oleh Dr. Eng. Irfan Prasetia, S.T., M.T.

Sistem manajemen informasi terintegrasi diperlukan untuk memberikan kemudahan tidak hanya bagi penyelenggara tetapi juga informasi seperti waktu penyelesaian, biaya dan prosedur yang dapat diinformasikan secara langsung dan transparan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kendala yang dihadapi dan merancang sistem informasi Izin Mendirikan Bangunan (IMB) berbasis web dengan fitur mobile untuk mempercepat proses pembuatan IMB.

Metode penelitian yang digunakan adalah metode waterfall model. Metode yang dilakukan untuk menganalisis permasalahan dan kendala dalam proses pembuatan IMB oleh Frontliner, Kasi, Tim Teknis dan Kabid dengan melakukan percobaan aplikasi Sistem Informasi Penerbitan IMB. Dari data yang telah didapat maka dilakukan desain sistem informasi dengan tahapan requirement, perancangan, analisis, desain, coding, implementasi sistem, verifikasi dan validasi sistem.

Hasil penelitian ini diperoleh suatu perancangan sistem informasi IMB berbasis web untuk mempermudah proses penerbitan IMB. Dengan adanya sistem informasi manajemen pengusulan IMB berdasarkan hasil verifikasi dan validasi dapat diterapkan dan memberikan kemudahan dan mempercepat proses pengurusan IMB.

Kata Kunci: Sistem Informasi Penerbitan, IMB, web, waterfall model.


 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI