DIGITAL LIBRARY



JUDUL:INOVASI PELAYANAN PEMBAYARAN BEA PEROLEHAN HAK ATAS TANAH DAN BANGUNAN BERBASIS DIGITAL DI KABUPATEN TANAH BUMBU
PENGARANG:NUR LAILI SAFITRI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2021-08-02


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan inovasi pelayanan Tujuan penelitian ini adalah mengetahui pelaksanaan inovasi pelayanan pembayaran Bea Perolehan Hak atas Tanah dan Bangunan Berbasis Digital berdasarkan fenomena yang dilihat di lingkungan birokrasi pemerintahan BPPRD Kab. Tanah Bumbu.

Metode  yang dipakai pada penelitian ini yaitu kualitatif dengan tipe penelitian deskriptif kemudian data dikumpulkan dengan teknik observasi non partisipasi, wawancara dan dokumentasi dan teknik analisa data meliputi reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.

Hasil penelitian menunjukkan sistem administrasi digitalisasi adalah pengelolaan administrasi menggunakan sistem informasi dan teknologi informasi. Inovasi pelayanan pembayaran BPHTB berbasis digital merupakan implementasi dari program E-Government. Inovasi pelayanan ini telah dilaksanakan dengan baik dan cukup memuaskan bagi para pengguna layanan. Hal ini dilihat berdasarkan teori yang digunakan yaitu ada 5 (lima) indikator karakteristik inovasi yaitu Keuntungan Relatif (Relative Advantage) pada pelaksanaan inovasi ini memiliki keunggulan karena mampu memberikan pelayanan yang mudah untuk penerima layanan dan memiliki nilai lebih dibandingkan pelayanan sebelumnya, Kesesuaian (Compatibility) pada pelaksanaan pelayanan ini sesuai dengan inovasi yang digantikannya, Kerumitan (Complexity) pada pelayanan ini memiliki kerumitan namun bisa diterima oleh publik, Kemungkinan Dicoba (Triability) inovasi ini telah dilakukan uji coba publik sebelum launching dan terakhir Kemudahan Diamati (Observability), pelaksanaan inovasi ini mudah diamati dan aplikasi e-BPHTB bersifat transparan sehingga sangat mudah untuk diawasi.

Saran untuk BPPRD Kab. Tanah Bumbu untuk mempertahankan dan memperbaiki kekurangan yang ada dengan meningkatkan inovasi melalui perbaikan sistem dan selalu mengakomodir wajib pajak untuk menggunakan fitur yang tersedia di aplikasi e-BPHTB secara maksimal.

                                                                                    

 

Kata Kunci : Digitalisasi Pelayanan, Inovasi Pelayanan, BPHTB

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI