DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENGEMBANGKAN AKTIVITAS, MOTIVASI DAN KOGNITIF ANAK MELALUI MODEL MOONSTAR KELOMPOK A PAUD TERPADU INSAN KAMIL BANJARMASIN
PENGARANG:NORMA HIDAYATI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2021-08-02


ABSTRAK

Hidayati, Norma. 2021. Mengembangkan Aktivitas, Motivasi dan Kognitif Anak  Melalui Model MOONSTAR Kelompok A PAUD Terpadu Insan Kamil Banjarmasin. Skripsi Program S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Lambung Mangkurat Mangkurat Banjarmasin. Pembimbing Ratna Purwanti, S.Pd., M.Pd

Kata Kunci: Kognitif, Mengenal Konsep Bilangan dan Lambang Bilangan, Demonstration, Talking Stick, Media Flashcard.

 

Permasalahan dalam penelitian ini adalah hasil perkembangan kognitif anak  pada kelompok A dalam mengenal konsep bilangan dan lambang bilangan. Hal ini disebabkan pembelajaran yang dilakukan hanya satu arah, pembelajaran kurang menarik dan masih bersifat abstrak dampaknya perkembangan kognitif anak tidak akan berkembang optimal.Tujuan penelitian ini untuk mengetahui aktivitas guru, aktivitas anak, motivasi anak dan hasil perkembangan kognitif anak.

Pendekatan penelitian ini menggunakan kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas, dilaksanakan dalam 4 kali pertemuan, setting penelitian pada anak kelompok A PAUD Terpadu Insan Kamil Banjarmasin yang berjumlah 5 orang anak (2 laki-laki dan 3 perempuan). Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, dokumentasi dan wawancara serta penilaian aspek perkembangan kognitif. Indikator keberhasilan aktivitas guru dikatakan berhasil apabila mencapai kriteria baik dan sangat baik. Aktivitas anak rata-rata kelas dengan persentase 100% kategori sangat aktif dan hasil perkembangan minimal 80% dan mencapai nilai bintang 3 dan 4.

Hasil penelitian menunjukan bahwa (1)Aktivitas guru pertemuan ke-1 dengan  skor 18 dengan kategori “Baik”, pertemuan ke-2 dengan  skor 20 dengan kategori “Baik”,  pertemuan ke-3 dengan  skor 23 dengan kategori “Sangat Baik” dan pertemuan ke-4 dengan  skor 26 dengan kategori “Sangat Baik”. (2) Aktivitas Anakpertemuan ke-1 dengan persentase 40%  kategori “kurang aktif”, pertemuan ke-2 dengan persentase 60% kategori “cukup aktif”, pertemuan ke-3 dengan persentase 80% kategori “aktif’, dan pertemuan ke-4 dengan persentase 100% kategori “sangat aktif”.(3) Motivasi Anak pertemuan ke-1 dengan persentase 40%  kategori “kurangtermotivasi”, pertemuan ke-2 dengan persentase 60% kategori “cukup termotivasi”, pertemuan ke-3 dengan persentase 80% kategori “termotivasi’, dan pertemuan ke-4 dengan persentase 100% kategori “sangat termotivasi”. (4) hasil perkembangan kognitif pada pertemuan terakhir mencapai 100% anak yang berhasil dengan mendapatkan  (BSH) dan  (BSB).

Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulankan bahwa kombinasi model MOONSTAR (Demonstration, Talking stick dan media Flashcard) dapat meningkatkan aktivitas, motivasi dan hasil perkembangan anak dengan sangat baik dan sangat aktif. Disarankan bagi kepala sekolah, guru dan peneliti selanjutnya dapat menjadi bahan masukan informasi untuk memperbaiki pembelajaran pada anak.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI