DIGITAL LIBRARY



JUDUL:INTERFERENSI BAHASA INDONESIA DALAM BAHASA BANJAR GRUP WA “TANPA DOSEN” PPL SMPN 4 BANJARMASIN
PENGARANG:SITI RADIAH
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2021-08-03


                                                                    ABSTRAK

 

Radiah, Siti. 2021. Interferensi Bahasa Indonesia dalam Bahasa Banjar Grup WA “Tanpa Dosen” PPL SMPN 4 Banjarmasin. Skripsi. Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Jurusan Pendidikan Bahasa dan Seni. FKIP. Universitas Lambung Mangkurat. Banjarmasin. Pembimbing: (I); Dr. Sabhan, M.Pd. (II); Ahsani Taqwiem, M.Pd. 

Kata kunci:  interferensi, bahasa Indonesia, bahasa Banjar, WA.

Interferensi bahasa yaitu bahasa kedua melanggar bahasa ibu. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan/memaparkan interferensi bahasa Indonesia dalam bahasa Banjar pada grup WA “Tanpa Dosen” PPL SMPN 4 Banjarmasin.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam komunikasi antaranggota pada grup WA “Tanpa Dosen" PPL SMPN 4 Banjarmasin telah terjadi interferensi fonologi, morfologi, dan sintaksis. Interferensi fonologi terjadi dalam bentuk vokal dan konsonan. Interferensi morfologi dalam bentuk afiks dan reduplikasi. Interferensi morfologi bentuk afiks terjadi pada prefiks, sufiks, dan konfiks, sedangkan interferensi morfologi bentuk reduplikasi terjadi pada perulangan yang berkombinasi dengan afiks. Interferensi sintaksis terjadi dalam bentuk kata dan frasa.

Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan ini, saran yang dapat diberikan oleh peneliti yang berhubungan dengan peristiwa interferensi bahasa Indonesia dalam bahasa Banjar pada grup WA “Tanpa Dosen" PPL SMPN 4 Banjarmasin yaitu bagi para pembaca atau peneliti selanjutnya diharapkan dapat memberikan masukan terhadap penelitian ini agar peneliti ke depan dapat membuat penelitian yang lebih baik.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI