DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Pohon Untuk Restorasi Lahan Bekas Kebakaran Dengan Metode Analytic Hierarchy Process(AHP) Dan Simple Multi Attribute Rating Technique Exploiting Rank (SMARTER)
PENGARANG:MUHAMMAD DENNY ERSYADI RAHMAN
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2021-08-03


ABSTRAK

Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Pohon Untuk Restorasi Lahan Bekas Kebakaran Dengan Metode Analytic Hierarchy Process (AHP) DAN Simple Multi Attribute Rating Technique Exploiting Ranks (SMARTER)(Oleh : Muhammad Denny Ersyadir Rahman; Pembimbing: Muliadi, S.Kom, M.Cs  dan Rudy Herteno, M.Kom; 2021; 68 halaman)

Pemanfaatan atau penggunaan kawasan hutan dan lahan yang tidak sesuai dengan kaidah-kaidah konservasi dapat menyebabkan terjadinya lahan kritis. Lahan kritis merupakan lahan di dalam maupun di luar kawasan hutan yang telah mengalami kerusakan, sehingga dapat menyebabkan kehilangan atau berkurang fungsinya. Kurangnya pengetahuan sebagian masyarakat terhadap lahan kritis serta pemilihan jenis tanaman yang kurang tepat kadang menjadikan keadaan lahan  bekas kebakaran semakin menjadi salah satu kendala Program Rehabilitasi Hutan dan Lahan (RHL) Analisa data statistik dapat dimanfaatkan dalam proses pengolahan data hingga menjadi informasi berharga untuk sistem. Menerapkan metode analisis statistik dalam pengambilan keputusan dalam penyeleksian data statistik yg memiliki beberapa kriteria. Penelitian ini difokuskan pada penerapan metode Analitical Hierarchy Process (AHP) untuk melihat perbandingan kriteria. metode SMARTER (Simple Multi Attribute Rating Technique Exploiting Rank) ini sangat cocok untuk digunakan untuk mengatasi banyaknya alternative yang akan diberikan pada sample tanah yang berbeda nantinya. Singkatnya setiap bobot akhir yang mempengaruhi alternatif dikalkulasikan dengan hasil penilaian alternatif maka didapatkan nilai utilitas setiap alternatif. Dari penelitian metode Analytical Hierarchy Process (AHP) Dan Simple Multi Attribute Rating Technique Exploiting Rank (SMARTER) diperoleh hasil vegetasi Balangeran sebagai rekomendasi utama dengan nilai utilitas paling besar yaitu 1,321668.

.

Kata kunci: Restorasi Lahan, Balai Penelitian  dan Pengembangan Lingkungan Hidup, Sistem pendukung Keputusan, AHP, SMARTER

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI