DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PENGARUH KINERJA PEREKONOMIAN DALAM PENANGGULANGAN KEMISKINAN: PERBANDINGAN ANTARA DAERAH BERBASIS PERTAMBANGAN DAN DAERAH PERKOTAAN (STUDI KASUS KABUPATEN TABALONG DAN KOTA BANJARMASIN)
PENGARANG:NUR RAHMI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2021-08-03


Nur Rahmi (2021). Pengaruh Kinerja Perekonomian Dalam Penanggulangan Kemiskinan: Perbandingan Antara Daerah Berbasis Pertambangan dan Daerah Perkotaan (Studi Kasus Kabupaten Tabalong dan Kota Banjarmasin). Pembimbing: Syahrituah Siregar, SE, MA.

Tujuan dari penelitian ini adalah (1) mengetahui perbedaan pengaruh Kinerja Ekonomi (Pertumbuhan Ekonomi, Pengeluaran Pemerintah, Tingkat Pengangguran dan IPM) terhadap Kemiskinan antara Kabupaten Tabalong dan Kota Banjarmasin; (2) menganalisis faktor yang paling mempengaruhi Kemiskinan di masing-masing Kabupaten Tabalong dan Kota Banjarmasin.

Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Metode analisis yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda dengan variabel dummy, dan data time series. Variabel dummy digunakan dalam model ini sebagai pembeda karakteristik wilayah dan sumber daya yang dimiliki antara masing-masing daerah. Variabel yang digunakan yaitu pertumbuhan ekonomi, pengeluaran pemerintah, tingkat pengangguran, IPM, variabel dummy dan kemiskinan.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) PertumbuhanEkonomi, Pengeluaran Pemerintah, Tingkat Penangguran, dan IPM secara simultanberpengaruh signifikanterhadap Kemiskinan di Kabupaten Tabalong dan Kemiskinan di Kota Banjarmasin, serta terdapat perbedaan antara kemiskinan di Kabupaten Tabalong dan Kota Banjarmasin ; (2) Hasil penelitian ini juga menunjukkan bahwa Pengeluaran Pemerintah merupakan faktor yangpalingdominan mempengaruhi Kemiskinan di Kabupaten Tabalong dan Kota Banjarmasin.

Kata Kunci: PertumbuhanEkonomi, Pengeluaran Pemerintah, Tingkat Penangguran, IPM dan Kemiskinan.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI