DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN HARGA TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN DALAM MENGGUNAKAN JASA PADA PT. SALFANY SAFANUSA TOUR BANJARMASIN
PENGARANG:AHMAD FUZAHIRIN
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2021-08-04


ABSTRAK

Ahmad Fuzahirin, D1A212054, 2021, Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Harga terhadap Kepuasan Konsumen dalam Menggunakan Jasa pada PT. Salfany Safanusa Tour Banjarmasin. Dibimbing oleh: Siti Rusidah dan Noor Hidayati.

Kepuasan Konsumen menjadi prioritas utama pada penelitian ini karena tingkat persaingan yang semakin ketat diantara industri jasa. Salah satu cara untuk menciptakan kepuasan konsumen pada industri jasa adalah dengan meningkatkan kualitas pelayanan dan strategi harga. Apabila industri jasa meningkatkan kualitas pelayanan yang baik dan menetapkan harga yang sesuai, maka konsumen akan merasa puas. Dengan timbulnya rasa puas maka konsumen akan datang kembali ke industri jasa tersebut.

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui dan menguji pengaruh signifikan secara parsial dan simultan Kualitas Pelayanan (X1), dan Harga (X2) terhadap Kepuasan Konsumen (Y) PT. Salfany Safanusa Tour Banjarmasin.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. pengambilan sampel didasarkan pada perhitungan 5 sampai 10 dikali jumlah indikator. Penelitian ini menggunakan teknik sampling Insidental (Accidental), analisis data menggunakan regresi linier berganda. 

Hasil pengujian membuktikan secara parsial Kualitas Pelayanan (X1) berpengaruh signifikan terhadap Kepuasan Konsumen sebesar 28,9%, dan Harga (X2) berpengaruh signifikan terhadap Kepuasan Konsumen sebesar 30,3%. Sedangkan secara simultan terdapat pengaruh yang signifikan Kualitas Pelayanan (X1) dan Harga (X2) terhadap Kepuasan Konsumen. Adapun besarnya pengaruh adalah sebesar 23,4%, sedangkan 76,6% merupakan pengaruh dari variabel lain yang tidak diteliti melalui penelitian ini.

Hasil penelitian ini dapat disimpilkan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima yaitu semakin baik Kualitas Pelayanan dan Harga maka semakin baik pula Kepuasan Konsumen dalam menggunakan jasa pada PT. Salfany Safanusa Tour Banjarmasin.

 

 

Kata Kunci: Kualitas Pelayanan, Harga dan Kepuasan Konsumen

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI