DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN MOTIVASI BELAJAR MENGGUNAKAN MODEL THE MATCH ROLLING IN KINGDOM UNTUK SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR
PENGARANG:DENNY PRADANA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2021-08-04


Pradana, Denny 2021. Meningkatkan Aktivitas dan Motivasi belajar Menggunakan Model The Match Rolling in Kingdom untuk Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Skripsi Progam S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Pembimbing: Ratna Purwanti, S.Pd., M.Pd

Kata Kunci: Aktivitas, Motivasi, Hasil belajar, IPS, The Match Rolling in Kingdom

Permasalahan dari penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa di kelas IV SDN Kuin Utara 7 Banjarmasin yang disebabkan oleh siswa belum memperlihatkan partisipasi aktif, motivasi dan minat belajar siswa terhadap mata pelajaran IPS rendah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan aktivitas guru, menganalisis aktivitas siswa, motivasi belajar siswa dan peningkatan hasil belajar siswa muatan IPS dengan menggunakan Model The Match Rolling in Kingdom (Think Pair Share, Make a match, Role Playing and mix in Talking Stick Berbasis Domain Belajar).

Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan sebanyak 3 pertemuan dengan jumlah siswa sebanyak 10 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi aktivitas guru dan aktivitas siswa, angket motivasi belajar siswa dan tes hasil belajar. Indikator keberhasilan penelitian ini apabila ketuntasan belajar mencapai secara klasikal 80% siswa mendapat nilai ≥70.

Hasil penelitian ini menunjukan bahwa aktivitas guru sudah terlaksana dengan kategori “Sangat Baik” pada pertemuan 3. Aktivitas siswa mengalami peningkatan dengan kategori “Sebagian Besar Siswa Sangat Aktif” pada pertemuan 3. Motivasi belajar siswa mengalami peningkatan dengan kategori “Sangat Termotivasi”. Motivasi belajar siswa pada pertemuan 1 mencapai ketuntasan klasikal 60%, meningkat pada pertemuan 2 mencapai klasikal 70% kemudian meningkat lagi menjadi 100% pada pertemuan 3. Hasil belajar siswa pada pertemuan 1 mencapai ketuntasan klasikal 40%, meningkat pada pertemuan 2 mencapai klasikal 70% kemudian meningkat lagi menjadi 90% pada pertemuan 3.

Berdasarkan hasil penelitian penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan model The Match Rolling in Kingdom (Think Pair Share, Make a match, Role Playing and mix in Talking Stick Berbasis Domain Belajar) Aktivitas guru terlaksana dengan sangat baik, mampu meningkatkan aktivitas siswa, motivasi belajar siswa dan hasil belajar siswa. Hasil penelitian ini dapat disarankan sebagai alternatif dalam pemilihan model pembelajaran untuk mata pelajaran IPS di kelas IV.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI