DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENGEMBANGKAN KOGNITIF ANAK DALAM MENGENAL POLA ABCD-ABCD MENGGUNAKAN KOMBINASI MODEL EXPLICIT INSTRUCTION DAN PEMBERIAN TUGAS PADA KELOMPOK B TK NUSA INDAH KABUPATEN BATOLA
PENGARANG:HURIAH
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2021-08-05


Huriah. 2020. Mengembangkan Kognitif Anak Dalam Mengenal Pola ABCD-ABCD Menggunakan Kombinasi Model Explicit Instruction  Dan Pemberian Tugas Pada  Kelompok B TK Nusa Indah Kabupaten Batola. Skripsi Program Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. PembimbingDrs. Sunarno, M.Pd.

Kata Kunci       : Mengenal Pola ABCD-ABCD, Model Explicit Instruction, Metode Pemberian Tugas

 

Permasalahan dalam penelitian ini yaitu pada aspek kognitif dalam mengenal pola ABCD-ABCD pada kelompok B TK Nusa Indah Kabupaten Batola yang masih rendah. Salah satu upaya yang dilakukan yaitu menggunakan model explicit instruction dan pemberian tugas. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui peningkatan aktivitas guru, aktivitas anak, dan hasil perkembangan.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian dilakukan sebanyak 2 siklus dengan masing-masing siklus sebanyak 2 kali pertemuan. Subyek penelitian yaitu anak kelompok B TK Nusa Indah sebanyak 6 anak. Indikator keberhasilan aktivitas guru dikatakan berhasil apabila keterlaksanaannya mencapai kategori sangat baik. Aktivitas anak dikatakan berhasil apabila mencapai kriteria aktif dan sangat aktif, dan hasil capaian perkembangan anak minimal mencapai ≥80% atau mendapat bintang««« dan ««««.

Hasil Penelitian ini menunjukkan bahwaaktivitas guru mengalami peningkatan mencapai kategori “sangat baik” dengan skor 29. Aktivitas anak secara klasikal mencapai persentase 100% dengan kategori “sangat aktif”. Dan hasil perkembangan anak secara klasikal meningkat dari pertemuan 1 dengan persentase 17% menjadi 100% anak sudah berkembang pada pertemuan ke 4. 

Berdasarkan data yang diperoleh, dapat disimpulkan bahwa model explicit instruction dan pemberian tugas dapat mengembangkan kemampuan kognitif dalam mengenal pola ABCD-ABCD pada kelompok B TK Nusa Indah dan berhasil memperbaiki kualitas guru, meningkatkan aktivitas anak, serta hasil perkembangan secara optimal. Disarankan penggunaan model explicit instruction dan pemberian tugas dapat dijadikan referensi pembelajaran efektif guna mewujudkan hasil perkembangan kognitif yang optimal.

 

Kata Kunci    : Mengenal Pola ABCD-ABCD, Model Explicit Instruction, Metode   Pemberian Tugas

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI