DIGITAL LIBRARY



JUDUL:DESAIN PROJECT MEDIA IKLAN LAYANAN MASYARAKAT DALAM PENINGKATAN KOGNITIF ORANG TUA TENTANG DAMPAK KEKERASAN ANAK DI MASA PANDEMI COVID-19 KOTA BANJARMASIN
PENGARANG:Norlatifah
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2021-08-05


 

Norlatifah, 1710414320044, 2021, Desain Project Media Iklan Layanan Masyarakat dalam Peningkatan Kognitif Orang Tua tentang Dampak Kekerasan Anak di Masa Pandemi COVID-19 Kota Banjarmasin. Dibimbing oleh Lalita Hanief dan Atika Rusli.

 

Tindak kekerasan anak semakin bertambah setiap tahunnya, terlebih pada masa pandemi COVID-19 yang dimulai pada awal tahun 2020. Berbagai upaya telah dilakukan untuk mencegah hal tersebut salah satunya  dengan memberikan informasi terkait dampak negatif dari tindak kekerasan yang dilakukan terhadap anak. Berdasarkan latarbelakang tersebut, maka penelitian ini dilakuakn untuk mengetahui seberapa besar peningkatan kognitif orang tua setelah diberikan informasi berupa video iklan layanan masyarakat.

 

Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif tipe penelitian eksperimen, desain quasi-eksperimen bentuk dua kelompok pasca pengujian dengan kelompok kontrol. Penelitian ini dilakukan kepada 40 responden yang dibagi menjadi dua kelompok yaitu kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Pengumpulan data menggunakan kuesioner dan data dianalisis menggunakan paired sample t-test.

 

Hasil pengujian hipotesis pada kelompok eksperimen, didapatkan hasil sig (2-tailed) (0,000) < (0,05) dengan derajat kepercayaan 95%. Nilai rerata kelompok eksperimen pada tahap pre-test adalah 3,164, dan pada tahap post-test adalah 3,502. Dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan kognitif orang tua pada kelompok eksperimen mengenai dampak kekerasan anak setelah diberikan perlakuan berupa media video iklan layanan masyarakat, sehingga H0 ditolak dan Ha diterima.

 

Kata Kunci: Eksperimen, Video, Iklan Layanan Masyarakat, Kognitif Orang Tua, Kekerasan Anak

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI