DIGITAL LIBRARY



JUDUL:ANALISIS SISTEM PENGENDALIAN INTERNAL ATAS PENERIMAAN KAS PADA UD. FAMILY GAS AGEN PELAIHARI KALIMANTAN SELATAN
PENGARANG:Mawardah
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2021-08-05


 

Sesuai dengan perumusan masalah, maka tujuan dari penelitian ini yaitu untuk menganalisis sebuah sistem pengendalian internal atas penerimaan kas pada UD. Family Gas. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu: observasi (pengamatan), dokumentasi dan wawancara.

 

Teknik analisis dalam penelitian ini yaitu metode deskriptif kualitatif. Metode analisis ini menganalisis data secara kualitatif yaitu dengan melakukan pengkajian, pemaparan, penelaahan dan penjelasan terhadap data yang diperoleh dari UD. Family Gas sehingga dapat menggambarkan dengan lebih jelas dan lebih menyeluruh terhadap sistem pengendalian penerimaan kas.

 

Kesimpulan yang ditetapkan dalam penelitian ini adalah UD. Family Gas telah melakukan serangkaian prosedur penerimaan kas untuk mencatat penerimaan uang yang masuk dan keluar dalam transaksi jual beli oksigen, oksigen medical, Nitrogen, Argon, Karbon dioksida, dan Acitiline. Dalam poin pengendalian internal, hasil temuan peneliti mengungkapkan bahwa UD. Family Gas belum memenuhi persyaratan pengendalian internal yang baik. Hal ini tercermin pada penanggung jawab atau pemegang wewenang yang tidak dipisah pada sub-sub bagian yang ada. Semua proses penerimaan dan pencatatan kas & persediaan dilakukan oleh satu orang yang sama. Dokumentasi yang dilakukan juga belum memenuhi persyaratan pengendalian internal yang baik. Tidak ada proses pengarsipan yang terstruktur secara khusus. Perincian setiap transaksi tidak ada, sehingga di kemudian hari tidak bisa dijadikan patokan informasi yang jelas.

 

 

 

Kata Kunci: Sistem Pengendalian Internal dan Penerimaan Kas

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI