DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PENGARUH PEMBELAJARAN DARING TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS MENGGUNAKAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBASIS ETNOSAINS PADA MATERI KESETIMBANGAN ION DALAM LARUTAN GARAM KELAS XI MIPA SMAN 8 BANJARMASIN TAHUN PELAJARAN 2020/2021
PENGARANG:MONA REZKI AULIA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2021-08-06


Telah dilakukan penelitian tentang pengaruh pembelajaran daring terhadap keterampilan berpikir kritis menggunakan model Problem Based Learning berbasis etnosains. Penelitian ini menggunakan metode quasi experimental dengan desain pretest-posttest nonequivalent control group design. Sampel penelitian adalah kelas XI MIPA 2 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI MIPA 1 sebagai kelas kontrol. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif dan analisis inferensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) terdapat perbedaan keterampilan berpikir kritis yang signifikan antara penggunaan Zoom dan Google Classroom dengan model Problem Based Learning berbasis etnosains, (2) model Problem Based Learning berbasis etnosains menggunakan Zoom mendapat respon yang sangat baik dari peserta didik dan model Problem Based Learning berbasis etnosains menggunakan Google Classroom mendapat respon yang baik dari peserta didik. Kesimpulan penelitian ini adalah terdapat perbedaan keterampilan berpikir kritis peserta didik antara kelas eksperimen dan kelas kontrol di SMAN 8 Banjarmasin.

Kata kunci: daring, keterampilan berpikir kritis, Problem Based Learning, etnosains.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI