DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PEMBELAJARAN ANSAMBEL MUSIK CAMPURAN DI KELAS IX I SMP NEGERI 5 BANJARMASIN
PENGARANG:MIRA ADELLA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2021-08-07


Adella, Mira. 2020.Pembelajaran Ansambel Musik Campuran di Kelas IX I  SMP Negeri 5 Banjarmasin. Skripsi, Program Studi Pendidikan Seni Drama, Tari, dan Musik, Jurusan Pendidikan Bahasa dan Seni. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin.

Pembimbing : (I) Maryanto, M. Sn (II) Muhammad Najamudin, M. Pd

 

Kata Kunci : Pembelajaran, Ansambel Musik

Kelas IX I SMP Negeri 5 Banjarmasin melaksanakan Pembelajaran Ansambel Musik Campuran yang terdapat pada kurikulum 2013 dengan kompetensi dasar 4.3. Memainkan instrumen musik sederhana secara perorangan dan kelompok; 4.4. Memainkan musik ansambel sederhana,(Kemenpendkeb 2013:74) dengan keadaan dimana hampir semua siswa di kelas tidak pernah memainkan alat musik sebelumnya. Peneliti tertarik mengangkat topik ini karena masalah seperti ini sering ditemui dan terjadi di lapangan. Bagaimana cara menghadapi masalah tersebut hal ini yang akan peneliti kumpulkan datanya dari guru seni budaya yang mengajar di kelas. Bagaimana proses pembelajarannya yang akan dilaksanakan guru seni budaya dan juga hasil pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk memberi solusi kepada mahasiswa atau guru-guru seni yang akan menghadapi permasalahan sejenis ini dan bisa menjadi referensi dalam mengatasi masalah mereka. Penelitian ini menggunakan kualitatif Deskriftip yaitu penelitian yang menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata tertulis atau lisan dari orang orang dan perilaku yang dapat diamati.

Proses pembelajaran dilakukan sebanyak 5 kali pertemuan. Pertemuan pertama mempelajari ilmu pengetahuan tentang ansambel musik kemudian dilanjutkan mempelajari instrumen gitar. Pertemuan kedua masih mempelajari instrumen gitar. Pertemuan ke 3 mempelajari instrumen bass, keyboard, dan cajon. Pertemuan keempat latihan antar kelompok yang sudah di bagi, dan pertemuan terakhir pengambilan nilai secara Ansambel dan individu. Hasil dari pembelajaran Ansambel musik campuran di kelas IX I SMP Negeri 5 Banjarmasin yaitu 23 dari 30 orang siswa mampu memainkan alat musik secara ansambel musik campuran dengan baik yang artinya hasil pembelajaran signifikan.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI