DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PENGEMBANGAN INSTRUMEN EVALUASI ONLINE BERBASIS MULTIMEDIA INTERAKTIF “MOBILE QUIZ THREE-TIER TEST” SEBAGAI ALAT UKUR HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI HIDROLISIS GARAM
PENGARANG:RANI WIDYA ASTUTI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2021-08-07


 

                                          Abstrak

 

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan instrumen evaluasi online berbasis multimedia interaktif Mobile Quiz Three-Tier Test,yang layak, praktis, dan efisien sebagai alat ukur pencapaian hasil belajar peserta didik pada materi hidrolisis garam. Metode yang digunakan adalah metode penelitian dan pengembangan dengan model Borg & Gall. Sampel penelitian ini adalah 5 validator (2 orang dosen Pendidikan Kimia FKIP ULM, 1 orang ahli media, dan 2 orang guru kimia di SMAN 2 Banjarmasin) dan 36 peserta didik kelas XI MIPA SMAN 2 Banjarmasin (6 orang pada ujicoba lapangan awal dan 30 orang pada ujicoba lapangan utama). Instrumen penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket observasi, angket validasi, angket uji keterbacaan peserta didik, dan tes hasil belajar. Hasil uji validasi mendapatkan persentase kevalidan sebesar 90,54%. Hasil uji kepraktisan mendapatkan persentase kepraktisan sebesar 90,48% pada ujicoba lapangan awal dan sebesar 84,1 % pada ujicoba lapangan utama. Hasil uji keefektifan mendapatkan persentase keefektifan sebesar 66,67% pada uji coba lapangan awal dan sebesar 73,3% pada ujicoba lapangan utama. Dengan demikian instrumen evaluasi Mobile Quiz Three-Tier Test yang dikembangkan dikatakan telah layak, praktis, dan efisien sebagai alat evaluasi pembelajaran yang dapat diterapkan di sekolah-sekolah dalam pembelajaran daring maupun luring.

 

Kata kunci: Evaluasi Online, Multimedia Interaktif, Three-Tier Test, Hasil Belajar, Hidrolisis Garam

 

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI