DIGITAL LIBRARY
JUDUL | : | MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS TENTANG DAERAH TEMPAT TINGGALKU MENGGUNAKAN KOMBINASI MODEL GROUP INVESTIGATION (GI) DAN NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) DI KELAS IV SDN SWARANGAN KAB.TANAH LAUT | |
PENGARANG | : | SANIAH | |
PENERBIT | : | UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT | |
TANGGAL | : | 2021-08-07 |
Saniah. 2021. Meningkakan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ips
Tentang Daerah Tempat Tinggalku Menggunakan Kombinasi Model
Group Investigation dan Numbered Head Together Di Kelas IV SDN
Swarangan Kab.Tanah Laut. Skripsi Program S1 Pendidikan Guru
Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas
Lambung Mangkurat Banjarmasin. Pembimbing Drs. Khairil Anwar,
M. Pd
Kata Kunci: Hasil Belajar, Kombinasi Model Group Investigation dan
Numbered Heads Together.
Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya aktivitas siswa,
rendahnya minat belajar siswa masih pasif dalam bertanya maupun diskusi,
dan siswa kurang memahami pembelajaran sehingga mengakibatkan
rendahnya hasil belajar siswa kelas IV SDN Swarangan Kabupaten Tanah
Laut mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial. Hal ini disebabkan sekolah
jarang mennguankan model salah satu upaya yang dilakukan adalah dengan
menggunakan kombinasi model pembelajaran Group Investigation dan
Numbered Heads Together. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk
mengetahui kualitas aktivitas guru, aktivitas siswa, dan menuingkatkan hasil
belajar siswa.
Pendekatan penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif,
sedangkan jenisnya adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini
dilakukan di SDN Swarangan Kabupaten Tanah Laut pada siswa kelas IV
dengan jumlah siswa 24 orang tahun ajaran 2020/2021.Yang dilaksanakan tiga
kali pertemuan.Objek penelitian ini adalah pembelajaran kehidupan sosial dan
budaya dilingkungan sekitar dengan menggunakan kombinasi model
pembelajaran Group Investigation dan Numbered Heads Together. Teknik
analisis yang digunakan adalah analisis data kualitatif dan data kuantitatif.
Data kuantitatif diperoleh melalui teknik pengukuran dengan tes tertulis siswa,
sedangkan data kualitatif diperoleh dari hasil observasi aktivitas guru dan
siswa. Teknik analisa data menggunakan rata-rata dan persentase klasikal.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran Numbered
Heads Together diketahui aktivitas guru pada Pertemuan I mendapatkan
kriteria baik, pada pertemuan II baik pada pertemuan III sangat baik pada
pertemuan I mendapatkan kriteria sebagian kecil aktif, pada pertemuan II
sebagian kecil aktif, pada pertemuan III hampir seluruhnya aktif. Hasil belajar
siswa secara klasikal pada pertemuan I mencapai 75,00%, pada pertemuan II
82,00%, pada pertemuan III 93,00% dengan kriteria keseluruhan tuntas.
Kesimpulan penelitian ini adalah aktivitas guru terlaksana dengan
sangat baik, aktivitas siswa secara rata-rata sudah sangat aktif dan secara
klasikal hampir seluruhnya aktif dan hasil belajar telah mencapai ketuntasan
baik berdasarkan individu maupun klasika
NO | DOWNLOAD LINK |
1 | FILE 1 |
File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI