DIGITAL LIBRARY



JUDUL:EFEKTIVITAS MEDIA PAINT BY NUMBERS UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MOTORIK HALUS TERHADAP SISWA TUNAGRAHITA DI SLB NEGERI 1 AMUNTAI
PENGARANG:ISNA RAHIMAH
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2021-08-09


ABSTRAK

 

 

 

ISNA RAHIMAH. 1710127220009. (2021). Efektivitas Media Paint By Numbers Untuk Meningkatkan Keterampilan Motorik Halus Terhadap Siswa Tunagrahita di SLB Negeri 1 Amuntai. Skripsi Program Strata-1 Pendidikan Khusus. Jurusan Ilmu Pendidikan. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Pembimbing (1) Dr. H. Amka, M.Si dan Pembimbing (2) Eviani Damastuti, M.Pd.

 

Kata Kunci: Media Paint By Numbers, Kemampuan Motorik Halus, Anak Tunagrahita

 

            Pada penelitian ini anak tunagrahita mengalami hambatan dalam memegang, menggenggam alat tulis dan menggerakkan jari-jari tangan. Hal ini mengakibatkan terhambatnya kegiatan pembelajaran karena anak kesulitan untuk menulis. Anak tunagrahita perlu dibantu untuk meningkatkan keterampilan motorik halus dengan menggunakan media paint by numbers. Sesuai permasalahan di atas maka penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media paint by numbers terhadap kemampuan motorik halus anak tunagrahita di SLB Negeri 1 Amuntai. 

Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode quasi eksperimen dengan desain penelitian time series design yang terdiri dari pemberian tes awal (pre-test), pemberian perlakuan (treatment), dan pemberian tes akhir (post-test). Subjek penelitian enam siswa tunagrahita yang terdapat di kelas VII dan VIII di SLB Negeri 1 Amuntai. Teknik pengumpulan data yaitu menggunakan test. Teknik analisis data menggunakan uji wilcoxon.

Berdasarkan hasil jumlah nilai pada tahap pretest adalah O1 = 19,5, O2 = 18,8,  O3  = 18,1, O4 = 18,1 dan jumlah nilai pada tahap posttest adalah O5 = 64,7, O6 = 66,3, O7 = 71,3, O8 = 71,3. Dapat dilihat dari hasil perolehan nilai rata-rata posttest yang meningkat dari perolehan pretest dan hasil perhitungan statistik menggunakan uji wilcoxon Ztabel, yang mana Zhitung > Ztabel, H1 diterima H0 ditolak. Maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh media paint by numbers terhadap perkembangan keterampilan motorik halus siswa tunagrahita.

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI