DIGITAL LIBRARY



JUDUL:EFEKTIVITAS MEDIA VIDEO ANIMASI DALAM PEMBELAJARAN DENTAL HEALTH EDUCATION PADA ANAK TUNAGRAHITA (Literature Review)
PENGARANG:LAWRENCIA CONSTANTIKA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2021-08-10


Latar Belakang:Kesehatan gigi dan mulut anak tunagrahita lebih rendah dibandingkan anak-anak lainnya. Hal tersebut dikarenakan terdapat hambatan intelektual dan keterbatasan fungsi adaptif pada anak tunagrahita, sehingga diperlukan media pembelajaran yang efektif untuk meningkatkan pengetahuan anak tunagrahita mengenai kesehatan gigi dan mulutnya. Salah satu media pembelajaran yang dapat digunakan adalah media video animasi. Media video animasi bersifat konkret, lebih ilustratif, imajinatif, mudah dimengerti, tidak cepat rusak dan dapat diakses melalui media sosial. Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efektivitas media video animasi dalam pembelajaran dental health education pada anak tunagrahita. Metode: Penelitian ini menggunakan metode literature review. Penelusuran artikel menggunakan PubMed, Google Scholar dan Science Direct. Kemudian dilanjutkan ke tahap penyaringan yang disesuaikan dengan kriteria inklusi, diantaranya: (a) jurnal dipublikasikan tahun 2011-2020, (b) jurnal menggunakan Bahasa Indonesia atau Bahasa Inggris, (c) jurnal dengan subjek penelitian anak tunagrahita atau retardasi mental. Hasil: Hasil penelitian dari 20 artikel, terdapat 8 artikel yang menggunakan media video animasi sebagai media pembelajaran. Berdasarkan perhitungan yang dilakukan oleh peneliti, didapatkan persentase total peningkatan pengetahuan kesehatan gigi dan mulut pada anak tunagrahita sebesar 57,86%. Kesimpulan: Media video animasi merupakan media pembelajaran yang efektif untuk meningkatkan pengetahuan kesehatan gigi dan mulut pada anak tunagrahita.

Kata Kunci: Anak tunagrahita,Dental health education, Video animasi.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI