DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN MOTORIK HALUS MELALUI KEGIATAN MELIPAT KERTAS ORIGAMI MENGGUNAKAN MODEL PICTURE AND PICTURE, EXPLICIT INSTRUCTION DAN METODE PEMBERIAN TUGAS PADA ANAK KELOMPOK B RA SULTAN SURIANSYAH BANJARMASIN
PENGARANG:ANISA KHALIDA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2021-08-10


ABSTRAK

Khalida, Anisa. 2021. Mengembangkan Motorik Halus Melalui Kegiatan Melipat Kertas Origami Pada Anak Kelompok B RA Sultan Suriansyah Banjarmasin. Skripsi Program Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Pembimbing Dr. Novitawati, S.Psi., M.Pd.

 

Kata Kunci :Kemampuan Motorik Halus, Melipat Kertas Origami, Model Picture And Picture, Model Explicit Instruction, dan Metode Pemberian Tugas

 

Permasalahan dalam penelitian ini yaitu dalam kegiatan melipat kertas origami pada anak kelompok B RA Sultan Suriansyah Banjarmasin hanya dilakukan 1 kali dalam sebulan dan pada saat kegiatan melipat kertas origami anak-anak hanya mampu melipat 1-3 lipatan saja setelah itu anak sering meminta bantuan guru, masih belum rapi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui aktivitas guru, aktivitas anak, dan hasil perkembangan kemampuan motorik halus anak melalui kegiatan melipat kertas origami menggunakan model Picture And Picture, Explicit Instruction, dan Pemeberian Tugas. 

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Setting penelitian ini adalah anak kelompok B RA Sultan Suriansyah Banjarmasin dengan jumlah 6 orang anak. Teknik pengumpulan data  yang dilakukan observasi dengan analisis data kualitatif. Indikator keberhasilan aktivitas guru dikatakan berhasil apabila keterlaksanaannya mencapai kategori sangat baik. Aktivitas anak dikatakan berhasil apabila mencapai kriteria sangat aktif, dan hasil capaian perkembangan anak minimal mencapai ≥ 80% atau mendapat bintang ??? dan ????.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas guru pada pertemuan ke I memperoleh kriteria baik dan mengalami perbaikan pada pertemuan ke III dengan kriteria sangat baik. Aktivitas anak hanya mencapai kategori sebagian kecil anak aktif pada pertemuan ke I, berkembang hingga mencapai kategori seluruh anak aktif pada pertemuan ke III dan hasil perkembangan kemampuan motorik halus anak memperoleh kategori Belum Berkembang (MB) pada pertemuan I dan mengalami perkembangan pada pertemuan III dengan kategori Berkembang Sesuai Harapan (BSH).

Berdasarkan data yang diperoleh, dapat disimpulkan pada aktivitas guru, aktivitas anak dan hasil perkembangan kemampuan motorik halus anak pada anak kelompok B RA Sultan Suriansyah Banjarmasin dapat dikembangkan dengan menggunakan model picture and picture, explicit instruction dan metode pemberian tugas dapat mengembangkan. Saran kepada guru, hendaknya penelitian ini dijadikan alternatif pilihan dalam kegiatan pembelajaran dalam mengembangkan kemampuan anak. Bagi kepala RA hendaknya dapat meningkatkan kinerja pendidik di sekolahnya. Begitu pula untuk peneliti lain, dapat dijadikan bahan referensi untuk penelitian selanjutnya.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI