DIGITAL LIBRARY



JUDUL:BIOGRAFI K.H. MUHAMMAD ROSYAD DAN PERANANNYA SEBAGAI ULAMA DI KECAMATAN MARTAPURA KOTA KABUPATEN BANJAR TAHUN 1939-2000
PENGARANG:MUHAMMAD PUTRA WAHYU PERDANA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2021-08-10


ABSTRAK

Muhammad Putra Wahyu Perdana, 2021, Biografi K.H Muhammad Rosyad Dan Peranannya Sebagai Ulama di Kecamatan Martapura Kota Kabupaten Banjar Tahun 1939-2000. Skripsi Program Studi Pendidikan Sejarah, Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial FKIP Universitas Lambung Mangkurat. Pembimbing I Mansyur, S.Pd, M.Hum dan Pembimbing II Wisnu Subroto, S.S, M.A.

Latar belakang penelitian adalah besarnya pengaruh ulama dalam kehidupan masyarakat Martapura. Tujuan penelitian untuk mendeskripsikan biografi K.H. Muhammad Rosyad dan menjelaskan peranannya sebagi ulama di Kecamatan Martapura Kota Kabupaten Banjar Tahun 1939-2000.

Metode penelitian yang digunakan adalah metode sejarah. Langkah-langkah yang dilakukan dalam penelitian ini yaitu, pertama heuristik atau pengumpulan data yang dilakukan melalui metode wawancara. Tahap kedua dilakukan kritik data. Tahap ketiga interpretasi, dan tahap terakhir historiografi yaitu menulis hasil penelitian.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa K.H Muhammad Rosyad lahir dari pernikahan pasangan K.H. Ahmad Zaini dan Hj. Noorjanah pada tanggal 15 April 1939, dan wafat pada hari Kamis 8 Juni 2000 diusia 63 tahun. Peranan K.H Muhammad Rosyad dalam dakwah yaitu beliau membuka pengajian rutin setiap hari Rabu malam. Beliau juga menjadi tenaga pengajar di Pondok Pesantren Darussalam Martapura, Datu Kalampayan Bangil dan Sekolah Tinggi Ilmu Syariah. Beliau merupakan satu diantara ulama yang mana perkataan dan tindakan selaras dalam membina umat, hal ini dibuktikan beliau mendirikan sebuah lembaga keuangan bernama Koperasi Syariah BMT Al-Karomah Martapura yang sampai sekarang masih tetap eksis dengan tujuan membantu perekonomian umat, khususnya masyarakat Martapura.

Kesimpulan penelitian, sebagai ulama K.H. Muhammad Rosyad berperan besar dalam penyebaran dakwah islam di kota Martapura.

Kata Kunci: Muhammad Rosyad, Peranan, Ulama, Martapura. 

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI