DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PELAKSANAAN PROGRAM KEGIATAN PEMBINAAN DAN PENGEMBANGAN WIRAUSAHA MUDA PADA DINAS KEPEMUDAAN DAN OLAHRAGA DI KOTA BANJARMASIN
PENGARANG:HARNIA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2021-08-10


Harnia, 161041132008, 2021. Pelaksanaan Program Kegiatan Pembinaan dan Pengembangan Wirausaha Pemuda Pada Dinas Kepemudaan dan Olahraga di Kota Banjarmasin. Dibawah bimbingan Aulia 

 

Penelitian ini memaparkan mengenai program-program kegiatan dalam dinas kepemudaan dan olahraga di Kota Banjarmasin. Tujuan dari dilakukannya penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pelaksanaan program kegiatan pembinaan dan pengembangan wirausaha pemuda dan mengidentifikasi faktor penghambat dan pendukung dalam pelaksanaan program kegiatan pembinaan dan pengembangan wirausaha pemuda pada Dinas Kepemudaan dan Olahraga di Kota Banjarmasin.

 

Pendekatan penelitian yang yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi sebagai alat pengumpul data yang dilakukan peneliti terhadap informan penelitian. Subjek dalam penelitian ini adalah kepala dan staf  DISPORA serta masyarakat yang mendapatkan pembinaan dari DISPORA yang cukup mendukung untuk fokus penelitian. Untuk menjawab rumusan masalah yang telah dibuat oleh peniliti adalah dengan menggunakan pedoman wawancara yang sudah dirancang sebelumnya.

 

Berdasarkan hasil yang diperoleh dari wawancara terhadap informan hasil penelitian dapat diketahui bahwa pelaksanaan program kegiatan pembinaan dan pengembangan wirausaha pemuda pada DISPORA Kota Banjarmasin ditinjau dari beberapa indicator. Diantaranya indikator adaptasi, Integritas, Motivasi kinerja, dan tingkat produksi yang dinyatakan baik. Sedangkan indikator pendanaan, sarana dan prasarana dinyatakan lemah (kurang baik). Serta kurangnya pendanaan dalam pembinaan dan pengembangan wirausaha pemuda di Kota Banjarmasin merupakan faktor penghambat.

 

Saran peneliti: 1) Pelaksanaan program kegiatan pembinaan dan pengembangan wirausaha pemuda pada Dinas Kepemudaan dan Olahraga di Kota Banjarmasin perlu menggunakan indikator yang lebih kuat, 2) Berdasarkan hasil identifikasi tersebut maka perlu perbaikan pada dua indikator tersebut dengan melakukan inovasi atau pengembangan baru agar bisa menjadi lebih baik, 3) Diharapkan kedepannya ada sarana dan prasarana dalam menunjang kegiatan untuk wirausaha pemudan seperti peralatan dan tempat yang memadai, dan  4)Diharapkan kedepanya ada keterbukaan anggaran agar kelompok wirausaha muda dalam melaksanakan kegiatan kewirausahaan melalui sistem putar dana yang mana hasil dari produktifitas hasil kegiatan mereka putar kembali dalam mengembangkan wirausaha mereka dapat makasimal dan terus menerus berjalan, berkembang, serta bertahan untuk jangka panjang. 

 

Kata Kunci: Saran Kegiatan, DISPORA Kota Banjarmasin

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI