DIGITAL LIBRARY
JUDUL | : | IMPLEMENTASI SISTEM AKUNTANSI PENGGAJIAN PADA KANTOR SEKRETARIAT DPRD KOTA BANJARMASIN | |
PENGARANG | : | AKHMAD BAIHAQI | |
PENERBIT | : | UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT | |
TANGGAL | : | 2021-08-11 |
Tujuan penelitian ini ialah untuk mengetahui implementasi sistem akuntansi penggajian pada Kantor Sekretariat DPRD Kota Banjarmasin.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: Pertama, di Kantor Sekretariat DPRD Kota Banjarmasin masih menggunakan sistem penggajian secara manual. Aplikasi yang digunakan Ms Office ialah Ms Excel sehingga dapat dikembangkan dengan sistem yang akan diterapkan pada Kantor sekretaiat DPRD Kota Banjarmasin. Kedua, sistem prosedur pembayaran gaji pada Sekretariat DPRD Kota Banjarmasin didahului oleh pihak Bendahara Pengeluaran untuk dijumlahkan, kemudian bendahara umum menerbitkan Surat Penyedia Dana (SPD) sebagai dasar untuk menyusun Surat Permintaan Membayar (SPM), SPM kemudian di tandatangani oleh sekretaris DPRD Kota Banjarmasin lalu dikirim ke Badan Keuangan Daerah (BAKEUDA), di BAKEUDA bagian perbendaharaan sebagai Bendahara Umum Daerah (BUD) akan membuat Surat Permintaan Penyedia Dana (SP2D). Lalu SP2D yang telah dibubuhi tanda tangan akan di verifikasi oleh bendahara pengeluaran ke Bank Kalsel atau ke Bank lain yang ditunjuk.
NO | DOWNLOAD LINK |
1 | FILE 1 |
File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI