DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PENGARUH PENERAPAN CULTURE LITERACY DIGITAL WETLAND LKPD KONSEP EKOLOGI TERHADAP KETERAMPILAN GENERIK SAINS DAN HASIL BELAJAR
PENGARANG:MAULITA PERMATA SARI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2021-08-12


 

PENGARUH PENERAPAN CULTURE LITERACY DIGITAL WETLAND LKPD KONSEP EKOLOGI TERHADAP KETERAMPILAN GENERIK SAINS DAN HASIL BELAJAR

(oleh: Maulita Permata Sari; pembimbing: Aminuddin Prahatama Putra, Aulia Ajizah. ; 2021; 84 halaman)

 

ABSTRAK

 

Situasi pandemi covid-19 telah berimplikasi pada berbagai aspek kehidupan, tak terkecuali bagi dunia pendidikan terutama pada aspek proses pembelajaran. LKPD sebagai salah satu perangkat penting dalam pembelajaran perlu diadaptasi menyesuaikan pembelajaran daring agar tetap bermakna dan mengasah keterampilan serta kecerdasan peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh penerapan CLDW LKPD Konsep Ekologi terhadap keterampilan generik sains dan hasil belajar peserta didik kelas X IPA di MAN 1 Banjarmasin. Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen semu dengan rancangan penelitian Posttest-only Control Group Design untuk keterampilan generik sains dan Pretest-Posttest Control Group Design untuk hasil belajar kognitif produk dan proses. Sampel penelitian peserta didik X IPA 1  berjumlah 29 orang sebagai kelas eksperimen dan 28 orang peserta didik kelas X IPA 3 sebagai kelas kontrol. Teknik analisis data keterampilan generik sains dan hasil belajar kognitif menggunakan uji T dan Analisis Kovarian. Hasil penelitian menunjukkan (1) terdapat pengaruh yang signifikan penerapan CLDW LKPD terhadap keterampilan generik sains peserta didik (sig. 0,000), (2) tidak terdapat pengaruh yang signifikan penerapan CLDW LKPD terhadap hasil belajar kognitif produk peserta didik (sig. 0,144), dan (3) tidak terdapat pengaruh yang signifikan penerapan CLDW LKPD terhadap hasil belajar kognitif proses peserta didik (sig. 0,301). Saran untuk penelitian ini (1) CLDW dapat direkomendasikan sebagai inovasi pembelajaran secara daring maupun kombinasi, (2) CLDW dapat menjadi sumber belajar dengan mengangkat tema lahan basah, (3) untuk penelitian yang akan datang perlu dilakukan penilaian ranah afektif dan psikomotor, dan (4) perlu memperhatikan faktor-faktor penghambat dalam penelitian secara daring.

 

Kata kunci: CLDW, LKPD¸ keterampilan generik sains, hasil belajar, ekologi


Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI