DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA PEMAHAMAN CERITA FIKSI MENGGUNAKAN MODEL COOVERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC) DAN MAKE A MATCH SISWA KELAS 4 SDN HULU SELATAN KECAMATAN SUNGAI RAYA KABUPATEN HULU SUNGAI SELATAN
PENGARANG:KHAIRATUN NI`MAH
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2021-08-13


ABSTRAK

Ni’mah, Khairatun. 2021. Meningkatkan Keterampilan Membaca Pemahaman Cerita Fiksi Menggunakan Model Cooverative Integrated Reading And Composition (CIRC) Dan Make A Match Siswa Kelas 4 SDN Hulu Selatan Kecamatan Sungai Raya Kabupaten Hulu Sungai Selatan. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Pembimbing Dr. Hj. Susilawaty, M.Pd.

 

Kata Kunci: Keterampilan Membaca Pemahaman, CIRC, Make a Match.

 

Permasalahan yang terjadi pada penelitian ini yaitu siswa kurang aktif dalam pembelajaran sehingga kegiatan membaca menjadi tidak optimal dan berdampak pada rendahnya hasil belajar pembelajaran Bahasa Indonesia pada siswa kelas 4 SDN Hulu Selatan Kecamatan Sungai Raya. Salah satu upaya dalam meningkatkan hasil belajar siswa yaitu melalui model CIRC dan  make a match guru dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa dalam kegiatan membaca. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui aktivitas guru, aktivitas siswa dan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa.

Metodologi penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan pada kelas 4 SDN Hulu Selatan Kecamatan Sungai Raya tahun ajaran 2020/2021 mata pelajaran Bahasa Indonesia tentang membaca pemahaman dari suatu teks. Jumlah siswa yaitu dari 15 orang yang terdiri dari 9 orang laki-laki dan 6 orang perempuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu data aktivitas yang diperoleh dari lembar observasi aktivitas guru, lembar observasi aktivitas siswa, dan data hasil siswa yang diperoleh melalui tes tertulis. Penelitian Tindakan Kelas ini dilaksanakan sebanyak 3 kali pertemuan.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa aktivitas guru dilaksanakan dengan sangat baik. Pada pertemuan 1 mencapai kriteria Cukup Baik, pertemuan 2 mencapai kriteria Baik,  dan pada pertemuan 3 mencapai kriteria Sangat Baik. Aktivitas siswa juga dilaksanakan dengan sangat baik. Pada pertemuan 1 mencapai 33%, pertemuan 2 mencapai 67%, dan pada pertemuan 3 mencapai 87%. Kemudian ada hasil belajar siswa secara klasikal pada pertemuan 1 mencapai 33%, pertemuan 2 mencapai 73%, dan pada pertemuan 3 mampu mencapai 100% siswa yang tuntas.

Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa hasil belajar dan aktivitas belajar dalam keterampilan membaca pemahaman cerita fiksi menggunakan model CIRC dan Make a Match pada kelas 4 SDN Hulu Selatan Kecamatan Sungai Raya meningkat. Disarankan agar model ini dapat menjadi salah satu alternatif dalam pembelajaran Bahasa Indonesia khususnya pada materi membaca pemahaman pada suatu teks.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI