DIGITAL LIBRARY



JUDUL:IMPLEMENTASI MODEL GMS PPT UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA MUATAN PPKN TEMA LINGKUNGAN SAHABAT KITA PADA KELAS V SD ISLAM RAHMATILLAH BANJARMASIN
PENGARANG:MUHAMMAD KHAIRUDDIN
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2021-08-13


 

ABSTRAK

 

Khairuddin, Muhammad. 2021.Implementasi Model Group Investigation (GI), Make A Match, dan Snowball Throwing sertaPowerpoint Interaktif Untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Muatan PPKn Tema Lingkungan Sahabat Kita Pada Kelas V SD Islam Rahmatillah Banjarmasin. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP ULM Banjarmasin. Pembimbing Zain Ahmad Fauzi, M.Pd

 

 

 

Kata Kunci      : Aktivitas, Hasil Belajar, Lingkungan Sahabat Kita, Group Investigation (GI), Make A Match, Snowball Throwing, Powerpoint Interaktif.

 

Permasalahan yang diangkat dari penelitian ini adalah siswa bersifat pasif, minat belajar siswa yang rendah dan cepat bosan dalam belajar, juga kurangnya penguasaan siswa terhadap muatan PPKn pada materi Keragaman Sosial Budaya Masyarakat pada siswa kelas V SD Islam Rahmatillah yang mengakibatkan hasil belajar siswa belum maksimal dalam pencapaian KKM.  Penyebab dari masalah tersebut adalah siswa yang kurang dilibatkan secara aktif, model dan media kurang menarik dan pembelajaran yang cenderung berjalan satu arah. Solusi dalam mengatasi masalah di atas adalah melakukan pembelajaran menggunakan model Pembelajaran Group Investigation (GI) dikombinasikan Make A Match, dan Snowball Throwing sertaPowerpoint Interaktif. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan aktivitas guru, menganalisis aktivitas siswa dan menganalisis hasil belajar siswa dalam pembelajaran PPKn materi Keragaman Sosial Budaya Masyarakat pada siswa kelas V SD Islam Rahmatillah.

 

Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan sebanyak 2 Pertemuan, di kelas V SD Islam Rahmatillah yang berjumlah 12 orang siswa. Jenis data yang disajikan adalah data kegiatan guru dan siswa yang didapat melalui observasi, serta data hasil belajar siswa yang didapat melalui tes. Indikator keberhasilan penelitian dengan ketuntasan belajar yaitu 80% siswa mencapai KKM nilai ≥70.

 

Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan pada Pertemuan I hingga Pertemuan II, dengan perolehan aktivitas guru pada Pertemuan I hingga II meningkat dari 75,00% menjadi 89,29%. Selanjutnya aktivitas siswa secara klasikal pada Pertemuan I hingga II juga meningkat dari 50,00% menjadi 83,33%. Dan pada hasil belajar siswa secara klasikal pada Pertemuan I hingga II dari 58,33% menjadi 91,67%.

 

Berdasarkan temuan dan hasil penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran menggunakan model pembelajaran Group Investigation (GI) dikombinasikan Make A Match, dan Snowball Throwing sertaPowerpoint Interaktif dapat meningkatkan aktivitas siswa dan hasil belajar siswa. Disarankan kepada guru di SD Islam Rahmatillah khususnya pada muatan PPKn untuk dapat mengembangkan pembelajaran yang inovatif untuk meningkatkan kualitas dan mutu pendidikan dengan mengoptimalkan penggunaan media serta model pembelajaran Group Investigation (GI) dikombinasikan Make A Match, dan Snowball Throwing sertaPowerpoint Interaktif.

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI