DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MUATAN IPA MATERI GAYA MENGGUNAKAN METODE EKSPERIMEN DIKOMBINASIKAN DENGAN MODEL STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) DAN COURSE REVIEW HORAY (CRH) PADA SISWA KELAS IV SDN SUNGAI RANGAS
PENGARANG:NOOR HAFIZAH SEPTIA ENAMI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2021-08-13


ABSTRAK

  Enami, Noor Hafizah Septia. 2021. Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Muatan IPA Materi Gaya Menggunakan Metode Eksperimen Dikombinasikan dengan Model Student Team Achievement Division (STAD) dan Course Review Horay (CRH) pada Siswa Kelas IV SDN Sungai Rangas. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP ULM Banjarmasin. Pembimbing Drs. Sulaiman, M.Pd., Ph.D

 

 Kata Kunci      : Gaya, Eksperimen, Student Team Achievement Division (STAD), Course Review Horay (CRH).

 

Permasalahan dari penelitian ini yaitu rendahnya aktivitas dan hasil belajar siswa muatan IPA materi gaya pada siswa kelas IV SDN Sungai Rangas dapat dilihat pada hasil belajar siswa kebanyakan masih berada dibawah KKM (>65). Penyebab dari masalah tersebut dikarenakan dalam proses pembelajaran siswa kurang terlibat aktif, siswa hanya mengandalkan teman sekelompok yang aktif dan siswa kurang diberi kesempatan untuk mengamati dan meneliti langsung tentang gejala-gejala alam dalam kehidupan sehari-hari. Maka solusi untuk mengatasi masalah di atas adalah melaksanakan pembelajaran dengan menerapkan metode Eksperimen dikombinasikan dengan model Student Team Achievement Division (STAD) dan Course Review Horay (CRH). Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan aktivitas guru dan menganalisis aktivitas serta hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPA materi gaya pada siswa kelas IV SDN Sungai Rangas.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan sebanyak 3 kali pertemuan di kelas IV SDN Sungai Rangas dengan jumlah siswa 12 orang. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, angket dan tes. Analisis data berupa analisis deskriptif dan crosstable.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas guru pada setiap pertemuan selalu terlaksana dengan baik dari skor 25 kriteria “Baik” pada pertemuan I menjadi skor 31 pada pertemuan III. Aktivitas siswa mengalami peningkatan, pada pertemuan I memperoleh 41,67% meningkat menjadi 100% pada pertemuan III. Begitu pula dengan hasil belajar siswa pada pertemuan I aspek kognitif memperoleh 50% dan meningkat menjadi 91,67% pada pertemuan III, aspek afektif pada pertemuan I memperoleh 58,33% meningkat menjadi 91,67% pada pertemuan III dan aspek psikomotorik pada pertemuan I memperoleh 50% meningkat menjadi 83,33% pada pertemuan III.

Berdasarkan hasil penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran menggunakan metode Eksperimen dikombinasikan dengan model Student Team Achievement Division (STAD) dan Course Review Horay (CRH) dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IV SDN Sungai Rangas muatan IPA materi gaya. Adapun saran bagi guru dan kepala sekolah, penelitian ini dapat dijadikan alternatif atau bahan dalam memilih metode dan model pembelajaran IPA khususnya materi gaya serta untuk peneliti lain dapat dijadikan referensi dalam melakukan penelitian berikutnya.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI