DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENGEMBANGKAN MOTORIK HALUS DALAM MENGKOORDINASIKAN MATA DAN TANGAN MENIRU BENTUK DENGAN MELIPAT KERTAS ORIGAMI MELALUI METODE DEMONSTRASI DAN PEMBERIAN TUGAS PADA ANAK KELOMPOK B TK AINA SITI MARIAM BANJARMASIN
PENGARANG:ELMA NOOR SAFITRI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2021-08-13


Safitri, Elma, Noor. 2021.  Mengembangkan Motorik Halus Dalam Mengkoordinasikan Mata Dan Tangan Meniru Bentuk Dengan Melipat Kertas Origami Melalui Metode Demonstrasi Dan Pemberian Tugas Pada Anak Kelompok B Tk Aina Siti Mariam Banjarmasin” Skripsi Program Studi Pendidikan Anak Usia Dini FKIP ULM Banjarmasin. Pembimbing Dra. Hj. Ike Hananik, M.Pd.

Kata Kunci : Motorik Halus, Mengkoordinasikan Mata dan Tangan, Demonstrasi, Pemberian Tugas

Permasalahan yang ditemukan adalah anak belum berkembang optimal dalam mengkoordinasikan mata dan tangan sehingga meniru bentuk pada kegiatan  melipat kertas belum berkembang dengan optimal. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui aktivitas guru, anak dan hasil perkembangan anak pada aspek motorik halus khusunya melipat kertas dalam mengkoordinasikan mata dan tangan.

Pendekatan penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif dengan jenis penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan dalam 3 kali pertemuan. Penelitian ini dilaksanakan di TK Aina Siti Mariam Banjarmasin dengan jumlah anak sebanyak 7 orang.

Instrument penelitian yang digunakan adalah lembar obsevasi disertai rubrik  aktivitas guru dan anak serta hasil pengembangan aspek motorik halus. Analisis data secara diskriptif kualitatif dalam bentuk tabel, grafik, dan interpretasi menggunakan persentase. Sedangkan kuantitatif berbentuk angka atau berupa skor dari lembar observasi.

Hasil penelitian aktivitas guru terlaksana dengan kategori “Sangat Baik”. aktivitas anak menunjukkan adanya perkembangan di tiap pertemuannya mencapai kategori “Sangat Aktif”.Sedangkan hasil perkembangan kemampuan motorik halus dalam kegiatan melipat kertas terlaksana dengan kategori “Berkembang Sangat Baik”. Saran bagi guru dan kepala sekolah serta peneliti lain adalah sebagai  masukan yang dapat menjadi bahan acuan dalam pengembangan motorik halus.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI