DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Mengembangkan Kemampuan Nilai Agama Dan Moral Dalam Meniru Cara Berwudhu Menggunakan Kombinasi Model Explicit Instruction, Media Audio Visual Gerak Dan Talking Stick Pada Anak Kelompok B Tk Batu Merah Banjarmasin
PENGARANG:DEASY RATNA DEWI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2021-08-13


Permasalahan ini ditemukan adalah belum berkembangnya nilai agama dan moral anak dalam meniru cara berwudhu secara lengkap dan urut. Hal tersebut disebabkan oleh model pembelajaran yang digunakan kebanyakan ceramah dan satu arah serta kurangnya  keterlibatan anak dalam kegiatan belajar. Jika hal ini dibiarkan maka anak akan mengalami kesulitan dalam kemampuan nilai agama dan moral khususnya meniru cara berwudhu. Untuk mengatasi hal tersebut peneliti menggunakan Kombinasi Model Explicit Instruction, Media Audio Visual Gerak dan Talking Stick. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui aktivitas guru, aktivitas anak, dan capaian pengembangan kemampuan nilai agama dan moral anak khususnya dalam meniru cara berwudhu.

Pendekatan penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitiannya adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus yaitu siklus I dilaksanakan 2 kali pertemuan dan siklus II dilaksanakan 1 kali  pertemuan. Penelitian ini dilakukan di TK Batu Merah Banjarmasin pada kelompok B yang berjumlah 8 orang anak terdiri dari 6 anak laki-laki dan 2 anak perempuan. Objek penelitian ini adalah pengembangan kemampuan nilai agama dan moral anak dalam meniru gerakan berwudhu. Analisis data dari aktivitas guru mencapai skor ≥ 81 dengan kategori “sangat baik”, aktivitas anak secara rata-rata kelas mencapai skor ≥ 81 dengan kategori “sangat aktif”, dan hasil pengembangan kemampuan nilai agama dan moral anak minimal mendapat dengan kategori “berkembang sesuai harapan”.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas guru berada pada kategori “Sangat Baik”. Aktivitas anak menunjukkan peningkatan mencapai kategori “Sangat Aktif”. Sedangkan hasil perkembangan nilai agama dan moral mencapai kategori “Berkembang Sesuai Harapan (BSH)”.

Kesimpulan penelitian ini adalah menggunakan Kombinasi Model Explicit Instruction, Media Audio Visual Gerak dan Talking Stick Dalam Meniru Cara Berwudhu Pada Kelompok B di TK Batu Merah Banjarmasin dan hipotesis penelitian ini dapat diterima. Dengan ini di harapkan agar guru dapat menggunakan sebagai upaya dalam melakukan perbaikan dan capaian perkembangan nilai agama dan moral anak dalam meniru cara berwudhu dengan benar.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI