DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA MUATAN PPKN MENGGUNAKAN MODEL CTR DENGAN MEDIA CERITA FIKSI DAN POP-UP BOOK DI KELAS IV SDN UJUNG BARU
PENGARANG:ALVITA NUR PRISHIELA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2021-08-13


Prishiela, Alvita Nur. 2021. “Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Muatan PPKn Menggunakan Model CTR dengan Media Cerita Fiksi dan Pop-Up Book di Kelas IV SDN Ujung Baru”. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lambung Mangkurat. Dosen Pembimbing Zain Ahmad Fauzi, M.Pd.

Kata Kunci : Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa, Model CTR (Contextual Teaching and Learning, Think Pairs Share, Role Playing), Media Cerita Fiksi dan Pop-Up Book.

Permasalahan dalam penelitian ini adalah siswa kurang aktif, kurang percaya diri, kurang mampu mengemukakan pendapatnya, dan kurang memiliki sikap toleransi dalam bekerja sama. Hal ini dapat dibuktikan pada wawancara kepada Ibu Hj. Fahyusiah, S.Pd selaku wali kelas IV SDN Ujung Baru, bahwa masih terdapat beberapa siswa yang malu-malu atau tidak percaya diri ketika diminta untuk mengungkapkan pendapatnya dan ada juga beberapa siswa yang kurang aktif dalam pembelajaran, serta terdapat beberapa siswa yang kurang bisa bersikap toleransi. Selain wawancara pada guru, wawancara pada siswa juga dilakukan pada 2 orang siswa kelas IV, yakni dengan Melinda dan Herlina, bahwa pembelajaran di kelas kadang menyenangkan dan kadang kurang menyenangkan karena terkadang ada pembelajaran yang sulit dimengerti. Untuk mengatasi masalah tersebut peneliti menggunakan kombinasi model CTR, yaitu Contextual Teaching and Learning, Think Pairs Share, dan Role Playing, serta dikombinasikan dengan media Cerita Fiksi dan Pop-Up Book. Tujuan dilakukan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan aktivitas guru, menganalisis aktivitas dan hasil belajar siswa.

Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan dengan 2 pertemuan di kelas IV SDN Ujung Baru Bati-Bati yang berjumlah 6 orang siswa. Data dianalisis dari hasil observasi dan tes evaluasi belajar yang disajikan dengan bentuk tabel dan grafik. Indikator keberhasilan aktivitas guru mencapai ≥21 berada pada kategori sangat baik, aktivitas siswa mencapai ≥80% dan hasil belajar siswa mengalami ketuntasan secara klasikal ≥80%.

Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan pada pertemuan I hingga pertemuan II, dengan perolehan aktivitas guru pada pertemuan I hingga II yakni 19 menjadi 23. Selanjutnya aktivitas siswa pada pertemuan I hingga II juga meningkat dari 83% menjadi 100%. Dan pada hasil belajar siswa secara klasikal pada pertemuan I hingga II dari 66,67% menjadi 100%.

Berdasarkan hasil temuan ini, dapat disimpulkan bahwa aktivitas guru telah terlaksana dengan sangat baik, dan aktivitas siswa serta hasil belajar siswa menggunakan kombinasi model CTR, yaitu Contextual Teaching and Learning, Think Pairs Share,dan Role Playing, serta media Cerita Fiksi dan Pop-Up Book di kelas IV SDN Ujung Baru Bati-Bati mengalamai peningkatan yang signifikan. Disarankan agar guru dapat mengembangkan pembelajaran yang inovatif seperti model pada penelitian ini sehingga dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI