DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN AKTIVITAS, MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR MENGGUNAKAN MODEL GROUP INVESTIGATION (GI) DAN SNOWBALL THROWING SISWA KELAS IV SDN TAMBAN MUARA 1
PENGARANG:NOVIE
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2021-08-13


ABSTRAK

Novie. 2021. Meningkatkan Aktivitas, Motivasi dan Hasil Belajar Menggunakan Model Group Investigation (GI) dan Snowball Throwing Siswa Kelas IV SDN Tamban Muara 1. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Pembimbing Dessy Dwitalia Sari, M.Pd

 

Kata Kunci: Aktivitas Belajar, Motivasi Belajar, Hasil Belajar, Model Group Investigation (GI) dan Snowball Throwing.

 

Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya aktivitas, motivasi dan hasil belajar siswa. Karena siswa pembelajaran langsung satu arah, kurang aktifnya peran siswa dalam pembelajaran dan mengakibatkan rendahnya hasil belajar di kelas IV SDN Tamban Muara 1. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui aktivitas guru dan uktuk mengetahui peningkatkan aktivitas, motivasi dan hasil belajar siswa Pembelajaran PKn menggunakan model Group Investigation (GI) dan Snowball Throwing Siswa Kelas IV SDN Tamban Muara 1.

Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam 4 kali pertemuan. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN Tamban Muara 1, Kabupaten Barito Kuala yang berjumlah 12 orang siswa terdiri dari 7 orang siswa laki-laki dan 5 orang siswa perempuan, pasa semester II tahun ajaran 2020/2021. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Data yang diambil merupakan data kualitatif diperoleh melalui observasi aktivitas guru, aktivitas siswa dan motivasi belajar siswa kemudian menggunakan data kuantitatif diperoleh melalui tentik tes tertulis  secara individu. Analisis data dengan teknik descriptif analisis yang disajikan dalam tabel dan grafik di interpretasi dengan persentase dan indikator ketuntasan belajar yang ditetapkan.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Aktivitas guru dilakukan dengan sangat baik. Pada pertemuan I mencapai kriteria baik, pertemuan II mencapai kriteria sangat baik, pertemuan III mencapai kriteria sangat baik dan pertemuan IV mencapai kriteria sangat baik. (2) Aktivitas siswa mengalami peningkatan. Pada pertemuan 1 mencapai 25%, pada pertemuan 2 mencapai 50%, pada pertemuan 3 mencapai 75% dan pertemuan 4 menjadi 91,67% atau “hampir seluruh siswa sangat aktif”. (3) Motivasi belajar siswa mengalami peningkatan. Pada pertemuan 1 mencapai 25%, pada pertemuan 2 mencapai 50%, pada pertemuan 3 mencapai 75% dan pertemuan 4 menjadi 91,67% atau “hampir seluruh siswa sangat termotivasi”. (4) Ketuntasan hasil belajar klasikal pada pertemuan 1 mencapai 25%, pada pertemuan 2 mencapai 50%, pada pertemuan 3 mencapai 75% dan pada pertemuan 4 mencapai 100% siswa tuntas.

Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa model Group Investigation (GI) dan Snowball Throwing dapat meningkatkan aktivitas, motivasi dan hasil belajar siswa. Ada pun saran bagi kepala sekolah, guru dan peneliti lain agar dapat menjadikan hasil penelitian ini sebagai alternatif dalam peningkatkan proses belajar mengajar.

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI