DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MUATAN IPS TEMA INDAHNYA KEBERAGAMAN DI NEGERIKU MENGGUNAKAN KOMBINASI MODEL PEMBELAJARAN THINK TALK WRITE, MIND MAPPING DAN COURSE REVIEW HORAY SISWA KELAS 4 SDN KARANG INDAH KABUPATEN BARITO KUALA
PENGARANG:NOR AFIFAH
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2021-08-15


Afifah, Nor (2021) Meningkatkan Hasil Belajar Muatan IPS Tema Indahnya Keberagaman di Negeriku Menggunakan Kombinasi Model Pembelajaran Think Talk Write, Mind Mapping dan Course Review Horay Siswa Kelas 4SDN Karang Indah Kabupaten Barito Kuala. Skripsi Program S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lambung Mangkurat. Dosen Pembimbing Drs. H. Ramadi, M.Pd

Kata Kunci : Hasil Belajar Muatan IPS, Model Think Talk Write,  Mind Mapping,  Course Review Horay.

 

Permasalahan yang terjadi di SDN Karang adalah rendahnya aktivitas dan hasil belajar siswa pada muatan Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS). Hal tersebut disebabakan pembelajaran yang masih bersifat berpusat pada guru (teacher centered), model pembelajaran tidak bervariasi, pembelajaran berlangsung satu arah dan monoton, siswa takut bertanya dan siswa masih sulit memahami konsep materi. Oleh karena itu, Upaya untuk mengatasi permasalahan tersebut adalah dengan menerapkan kombinasi model pembelajaran Think Talk Write, Mind Mapping dan Course Review Horay. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis perbaikan kualitas aktivitas guru, menganalisis aktivitas, dan peningkatan hasil belajar siswa.

Pendekatan Penelitian ini menggunakan kualitatif dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam 4 kali pertemuan 2 siklus. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas 4 SDN Karang Indah, Kabupaten Barito Kuala dengan jumlah 10 orang siswa, 5 orang siswa laki-laki dan 5 orang siswa perempuan, pada semester II tahun ajaran 2020/2021. Data yang diambil merupakan data kualitatif diperoleh melalui observasi aktivitas guru dan aktivitas siswa. kemudian menggunakan data kuantitatif untuk hasil belajar siswa yang diperoleh melalui tes tertulis secara kelompok dan individu. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik deskriptif analisis dan cross tabulasi dijabarkan dengan tabel, grafik dan interpretasi dengan persentase.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa aktivitas guru pada pertemuan I memperoleh skor 22 dengan kriteria “Sangat Baik”, meningkat pada pertemuan IV dengan skor 28 dengan kriteria “Sangat Baik”. Aktivitas siswa pada pertemuan I mencapai 40% dengan kriteria “Kuarang Aktif” meningkat pada pertemuan IV menjadi 90% dengan kriteria “Sangat Aktif”.Dan hasil belajar siswa pada pertemuan I dengan ketuntasan klasikal 40% meningkat pada pertemuan IV dengan ketuntasan klasikal 90%.

Berdasarkan hasil penelitian ditarik kesimpulan dengan menggunaan kombinasi model pembelajaran Think Talk Write, Mind Mapping dan Course Review Horay dapat meningkatkan kualitas aktivitas guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar siswa. Adapun saran untuk kepala sekolah, guru dan peneliti lain adalah agar penelitian ini dapat dijadikan sebagai referensi dalam menggunakan model pembelajaran yang dapat meningkatkan aktivitas, hasil belajar siswa.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI