DIGITAL LIBRARY



JUDUL:EFEKTIVITAS PENERAPAN E-TILANG DALAM MENGATASI PUNGUTAN LIAR DI KOTA BANJARMASIN
PENGARANG:ANNISA MEISA FITRI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2021-08-16


ABSTRAK

Annisa Meisa Fitri, 1710411220005, 2021 “Efektivitas Penerapan e-Tilang dalam Mengatasi Pungutan Liar di Kota Banjarmasin”, di bawah bimbingan Tomi Oktavianor.

Proses pemberian pelayanan publik secara kontak langsung oleh Kepolisian dapat memberikan peluang untuk penyelahgunaan yang lebih sering kita dengar yaitu peungutan liar. Seiring dengan adanya Electronic Government Polisi Republik Indonesia meningkatkan kualitas pelayanan (service quality) dengan inovasi Electronic Tilang (e-Tilang) yang berbasis teknologi informasi. Pelayanan e-Tilang lebih cepat dari tilang konvensional karena mempunyai kelebihan seperti lebih efektif, efisien, transparan dan akuntabel.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana efektivitas kebijakan e-Tilang dalam mengatasi pungutan liar di Satuan Polisi Lalu Lintas (Satlantas) Polresta Banjarmasin. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi dan dokumentasi terkait dengan penerapan e-Tilang. Data dianalisis secara kualitatif dengan pendekatan teori kajian dan riset Harvard JFK School of Government dimana terdapat elemen sukses penerapan e-Government yaitu Support, Capasity dan Value.

Efektivitas penerapan e-Tilang di Kota Banjarmasin bisa dikatakan belum berjlaan maksimal. Hal ini terkait dengan kendala yang dihadapi di lapangan seperti pada sumber daya manusia yang masih belum kompeten dan masih terdapat praktek pungutan liar yang terjadi.

 

Kata Kunci: Efektivitas, E-Government, Elemen Sukses, E-Tilang

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI