DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS RANGKUMAN MUATAN IPS MENGGUNAKAN MODEL THINK PAIR SHARE (TPS) DAN MIND MAPPING SISWA KELAS VA SDN ALALAK TENGAH 4 BANJARMASIN
PENGARANG:NOOR HIDAYAH
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2021-08-16


Hidayah, Noor. (2021). Meningkatkan Keterampilan Menulis Rangkuman Muatan IPS Menggunakan Model Think Pair Share (TPS) dan Mind Mapping Siswa Kelas VA SDN Alalak Tengah 4 Banjarmasin. Skripsi, Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Lambung Mangkurat. Pembimbing: Dessy Dwitalia Sari, S.Pd., M.Pd.

Kata Kunci: Keterampilan Menulis Rangkuman, Hasil Belajar, Model Think Pair Share (TPS) dan Model Mind Mapping.

Permasalahan pada penelitian ini siswa kurang terlibat dalam kegiatan pembelajaran, pemahaman terkait materi yang di pelajari masih rendah, cenderung hanya mendengarkan penjelasan dari guru tanpa membuat rangkuman terkait materi yang sedang dipelajari dan kurangnya semangat ketika mengikuti kegiatan pembelajaran. Tujuan dari penelitian tindakan kelas ini adalah untuk mendiskripsikan aktivitas terutama pada keterampilan menulis rangkuman serta hasil belajar siswa pada muatan Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS).

Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilakukan dengan 2 siklus, subjek penelitian disini adalah siswa kelas VA SDN Alalak Tengah 4 Banjarmasin pada tahun ajaran 2020/2021 yang berjumlah 11 orang siswa. Teknik pengumpulan data disini dengan teknik observasi dan wawancara.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterampilan menulis rangkuman meningkat pada setiap siklusnya mengalami peningkatan baik dari aktivitas guru pada pertemuan 1 sebanyak 71,42% dengan kreteria “Baik” meningkat pada pada pertemuan II menjadi 75% dengan kreteria “Baik” kemudian meningkat lagi pada pertemuan III menjadi 92,85% dan meningkat pada pertemuan IV menjadi 96,42% dengan kreteria “Sangat Baik”. Keterampilan menulis rangkuman pada pertemuan 1 sebanyak 54,55% dengan kreteria “Cukup Aktif” meningkat pada pertemuan II menjadi 72,73% dengan kreteria “Aktif” ” kemudian meningkat lagi pada pertemuan III menjadi 81,82% dan meningkat pada pertemuan IV menjadi 90,91% dengan kreteria “Sangat Aktif”. dan hasil belajar siswa mengalami peningkatan dari pertemuan I sebanyak 45,45% meningkat pada pertemuan IV menjadi 100%.

Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa dengan model Think Pair Share (TPS) dan Mind Mapping dapat meningkatkan aktivitas siswa pada keterampilan menulis rangkuman dan hasil belajar siswa. Adapun saran bagi kepala sekolah, guru dan peneliti selanjutnya, agar penelitian ini dapat dijadikan referensi dalam menggunakan model pembelajaran yang dapat meningkatkan aktivitas siswa dan hasil belajar siswa.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI