DIGITAL LIBRARY



JUDUL:IMPLEMENTASI MODEL GENIUS UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN DISIPLIN SISWA SEKOLAH DASAR
PENGARANG:AHMAD BAYHAQI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2021-08-16


ABSTRAK

Bayhaqi, Ahmad. 2021. Implementasi Model GENIUS Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Disiplin Siswa Sekolah Dasar.Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Faskultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Pembimbing Akhmad Riandy Agusta, M.Pd.

Kata Kunci: Aktivitas Belajar, Disiplin Belajar, Grup Investigation (GI),Inside Outside Circle , Snowball Throwing

Aktivitas belajar merupakan faktor utama penentu dari keberhasilan proses pembelajaran, salah satunya aktivitas guru. Aktivitas guru menjadi faktor kunci dari keberhasilan aktivitas belajar dan disiplin belajar siswa yang berpengaruh pada keberhasilan hasil belajar siswa. Namun faktanya dilapangan terkhusus pada SDN Anjir Pasar Kota 2 Barito Kuala aktivitas dan disiplin belajar masih relatif rendah yang berakibat pada rendahnya hasil belajar siswa. Melalui Model GENIUS (Investigasi Kelompok Melalui Berbagi Informasi dan Bermain) merupakan salah satu solusi terbaik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui aktivitas guru, aktivitas siswa, disiplin belajar siswa dan untuk meningkatkan aktivitas, disiplin dan hasil belajar siswa.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatifdengan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK), yang dilaksanakan dengan empat kali pertemuan. Subjek dari penelitian adalah siswa kelas V semester genap SDN Anjir Pasar Kota 2 Barito Kuala tahun pelajaran 2020/2021, jumlah siswa sebanyak  8 orang. Jenis data dalam penelitian ini adalah data kualitatif dan kuantitatif. Data kualitatif diperoleh melalui observasi aktivitas guru, aktivitas siswa, dan angket disiplin belajar siswa. Data kuantitatif diperoleh melalui teknik pengukuran dengan tes tertulis secara individu. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik deskriptif analisis dan cross tabulasi dijabarkan dengan tabel, grafik dan interpretasi dengan persentase.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa aktivitas guru pada pertemuan I mendapat skor 20, pertemuan II mendapat skor 25, pertemuan III mendapat skor 29, dan pertemuan IV mendapat skor 31. Aktivitas siswa pada pertemuan I memperoleh presentase 25,00%, pertemuan II memperoleh presentase 87,50%, pertemuan III dan IV memperoleh presentase 100%. Disiplin belajar siswa pertemuan I memperoleh presentase 87,50% untuk pertemuan II sampai dengan pertemuan IV memperoleh ketuntasan klasikal mencapai presentase 100%, dengan setiap pertemuannya mengalami peningkata secara individual pada kategori sangat disiplin.Ketuntasan klasikal hasil belajar siswa pada pertemuan I mencapai 62,50%, pertemuan II mencapai 75,00%, pertemuan III mencapai 87,50% dan pertemuanIV mencapai 100%.

Berdasarkan temuan ini dapat disimpulkan bahwa Model GENIUS dapat meningkatkan aktivitas, disiplin dan hasil belajar siswa. Disarankan penggunaan model tersebut merupakan salah satu alternatif dalam meningkatkan aktivitas siswa yang berdampak pada peningkatan hasil belajar siswa.

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI