DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PENGEMBANGAN VIDEO PENDUKUNG PEMBELAJARAN PADA MATERI LINGKARAN DENGAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL UNTUK SISWA KELAS XI SMK
PENGARANG:HUSNUL KHOTIMAH
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2021-08-16


Berlangsungnya pembelajaran dari rumah selama pandemi mengakibatkansiswa bosan dan kurang bersemangat ketika mengikuti pembelajaran daring. Hal ini ditunjukkan dengan kurangnya partisipasi dan respon siswa ketika mengikuti pembelajaran daring. Permasalahan ini memberikan tantangan kepada pengajar untuk dapat melangsungkan pembelajaran dari rumah secara efektif. Upaya yang dapat dilakukan untuk mengatasi hal tersebut salah satunya, yaitu dengan menggunakan media yang tepat sehingga dapat membantu siswa dengan mudah memahami materi pelajaran. Salah satu media pembelajaran elektronik yang dapat menarik perhatian dan memudahkan siswa dalam memahami materi pelajaran, yaitu video pendukung pembelajaran dengan pendekatan kontekstual. Tujuan penelitian ini ialah untuk mendeskripsikan proses dan hasil pengembangan video pendukung pembelajaran pada materi lingkaran dengan pendekatan kontekstual untuk siswa kelas XI SMK yang valid. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan model 4-D. Tahapan yang dilakukan dalam penelitian ini, yaitu tahap define, design, dan develop, pada tahap develop dibatasi sampai uji validasi ahli saja. Lembar validasi merupakan instrumen pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini. Hasil uji validitas video pembelajaran berdasarkan penilaian tiga orang ahli memperoleh persentase kevalidan sebesar 87,78%. Berdasarkan kriteria kevalidan maka video pembelajaran materi lingkaran dengan pendekatan kontekstual ini dapat dikatakan sangat valid. Sehingga dapat disimpulkan bahwa video pendukung pembelajaran memenuhi kriteria valid.

 

Kata kunci:pengembangan, video pendukung pembelajaran, kontekstual, lingkaran

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI