DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MUATAN IPA MATERI SIKLUS AIR DAN DAMPAKNYA MENGGUNAKAN KOMBINASI MODEL INKUIRI TERBIMBING DAN TEAMS GAMES TOURNAMENTS PADA SISWA KELAS V SDN TAMBAN MUARA 1 BARITO KUALA
PENGARANG:IHPA SAPITERI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2021-08-16


Sapiteri, Ihpa. 2021. Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Muatan IPA Materi Siklus Air dan Dampaknya Menggunakan Kombinasi Model Inkuiri Terbimbing dan Teams Games Tournament Pada Siswa Kelas V SDN Tamban Muara 1 Barito Kuala. Skripsi Program Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lambung Mangkurat. Dosen Pembimbing: Dra. Hj. Ike Hananik, M.Pd.

 

Kata Kunci: Hasil Belajar, IPA, Inkuiri Terbimbing, Teams Games Tournament.

 

Permasalahan pada penelitian ini adalah pembelajaran bersifat satu arah, pembelajaran tidak melibatkan siswa dalam proses berpikir ilmiah,  belum optimalnya aktivitas belajar siswa sehingga berdampak rendahnya hasil belajar siswa dengan KKM yang ditetapkan yaitu KKM ≥70. Untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa muatan IPA pada kelas V SDN Tamban Muara 1 Barito Kuala peneliti menggunakan model Inkuiri Terbimbing dikombinasi dengan Teams Games Tournament dengan tujuan untuk mendeskripsikan aktivitas guru, menganalisis peningkatan aktivitas siswa dan hasil belajar siswa.

Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK), yang dilaksanakan dengan dua siklus. Subjek penelitian adalah siswa kelas V SDN Tamban Muara 1 Barito Kuala tahun pelajaran 2021/2022, dengan jumlah siswa sebanyak 16 orang siswa. Data yang diperoleh dalam penelitian ini adalah data kualitatif. Data kualitatif diperoleh melalui observasi aktivitas guru dan aktivitas siswa. Indikator keberhasilan penelitian ini adalah aktivitas guru mencapai kriteria “Sangat Baik”, aktivitas siswa mencapai kategori “Sangat Aktif”, dan ketuntasan belajar siswa secara klasikal mencapai ≥80% siswa mendapat nilai ≥70.

Hasil penelitian menunjukan bahwa aktivitas guru siklus 1 dengan kriteria “baik”, meningkat pada siklus 2 dengan kriteria “sangat baik”. Aktivitas siswa secara klasikal pada pertemuan 1 memperoleh kriteria “aktif”, meningkat pada siklus 2 dengan kriteria “Sangat Aktif”. Hasil belajar kognitif pada siklus 1 memperoleh 75% dan meningkat pada siklus 2 menjadi 93,75%.

Berdasarkan  hasil  penelitian  disimpulkan  bahwa  aktivitas  guru  terlaksana dengan sangat baik, aktivitas siswa sangat aktif, serta  hasil belajar  meningkat dan mencapai  ketuntasan  secara  individu  maupun  klasikal menggunakan Kombinasi Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing dan Teams Games Tournament dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Disarankan model tersebut ini dijadikan salah satu alternatif dalam meningkatkan aktivitas siswa yang berdampak pada peningkatan hasil belajar siswa.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI