DIGITAL LIBRARY



JUDUL:FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PENCEMARAN SUNGAI TAPIN DAN STRATEGINYA DI KABUPATEN TAPIN PROVINSI KALIMANTAN SELATAN
PENGARANG:NOOR ANNA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2021-08-16


Anna, Noor. 2021. Faktor-Faktor yang mempengaruhi  Pencemaran Sungai Tapin dan Strateginya di Kabupaten Tapin Provinsi Kalimantan Selatan. Tesis. Program Studi Pengelolaan Sumberdaya Alam dan Lingkungan Program Pascasarjana Universitas Lambung Mangkurat, Banjarmasin. Pembimbing: Prof. Dr. Hj. Emmy Sri Mahreda, MP; Dr. H. Kissinger, S.Hut., M.Si; Prof. Dr. Ir. H. Syarifuddin Kadir, M.Si.  

Kata Kunci: Sampah, Limbah, Pengetahuan, Tindakan, Pencemaran Sungai

Penelitian ini bertujuan untuk menganalis Faktor yang berpengaruh terhadap Pencemaran Sungai Tapin di Kabupaten Tapin Provinsi Kalimantan Selatan dan merumuskan Strategi tata kelola sungai dalam rangka mengurangi pencemaran Sungai Tapin di Kabupaten Tapin Provinsi Kalimantan Selatan. 

Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif dan penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan cross sectional, terhadap 83 responden menggunakan teknik porpusive sampling yaitu masyarakat sempadan sungai Tapin pada bulan Juni 2021 dan 5 orang informan menggunakan teknik purposive sampling dan snowball sampling yang memiliki kaitan dengan tata kelola sungai di Kabupaten Tapin Provinsi Kalimantan Selatan. Pengumpulan data menggunakan kuesioner yang dianalisis menggunakan  uji Regresi dan Analisis SWOT sederhana.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa sampah, limbah cair, pengetahuan, dan tindakan masyarakat dalam menjaga kebersihan sungai berpengaruh signifikan terhadap pencemaran sungai Tapin di Kabupaten Tapin Provinsi Kalimantan Selatan (Fhitung(220,431) > Ftabel (2.720) atau Sig.=0,000<0,05). Sampah berpengaruh signifikan terhadap pencemaran sungai Tapin (thitung (5,401)> ttabel (1.664) atau sig=0,000<0,05). Limbah cair berpengaruh signifikan terhadap pencemaran sungai Tapin (thitung (2,684)> ttabel (1.664) atau sig= 0,009<0,05). Pengetahuan masyarakat dalam menjaga kebersihan sungai berpengaruh signifikan terhadap pencemaran sungai Tapin (thitung (4,197)> ttabel (1.664) atau sig=0,000<0,05) dan tindakan masyarakat dalam menjaga kebersihan sungai berpengaruh signifikan terhadap pencemaran sungai Tapin (thitung (5,484)> ttabel (1.664) atau sig=0,000<0,05). Hasil uji determinasi diketahui bahwa tindakan masyarakat dalam menjaga kebersihan sungai (X4) memiliki nilai Koefisien Beta sebesar 0,345 (34,5%), sampah (X1) memiliki nilai Koefisien Beta sebesar 0,294 (29,4%), pengetahuan masyarakat dalam menjaga kebersihan sungai (X3) memiliki nilai Koefisien Beta sebesar 0,281 (28,1%) dan limbah cair (X2) memiliki nilai Koefisien Beta sebesar 0,140 (14%). Strategi tata kelola sungai dalam rangka mengurangi pencemaran Sungai Tapin yang dapat dilakukan yaitu dengan memperbaiki tindakan masyarakat agar tidak membuang sampah sembarangan serta meningkatkan pengetahuan masyarakat mengenai pengelolaan limbah yang baik dan benar. Bagi masyarakat sempadan sungai Tapin Kabupaten Tapin dapat digunakan sebagai tambahan informasi untuk mengetahui bagaimana kebersihan sungai dan mengurangi pencemaran sungai yang berperan penting terhadap kesehatan masyarakat sempadan sungai dan pemanfaatan sungai dengan baik.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI