DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN PADA MATERI MENEMUKAN INFORMASI MENGGUNAKAN MODEL SURVEY, QUESTION, READ, RECITE, REVIEW (SQ3R) DAN NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) SISWA KELAS 5 SDN TATAH PEMANGKIH LAUT 2 KABUPATEN BANJAR
PENGARANG:MAHMUDAH ARIANI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2021-08-16


Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar membaca pemahaman pada materi menemukan informasi, siswa yang berjumlah 15 orang hanya 5 orang siswa (33,33%) yang mencapai ketuntasan belajar (KKM yang digunakan adalah 70). Untuk memecahkan masalah ini, solusi yang digunakan adalah penerapan model Survey, Question, Read, Recite, Review (SQ3R) dan Numbered Heads Together (NHT). Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan aktivitas guru, aktivitas siswa, dan menganalisis peningkatan hasil belajar kemampuan membaca pemahaman pada materi menemukan informasi menggunakan model Survey, Question, Read, Recite, Review (SQ3R) dan Numbered Heads Together (NHT).

Jenis penelitian  yang digunakan yaitu Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan sebanyak 3 pertemuan di kelas 5 SDN Tatah Pemangkih Laut 2 Kabupaten Banjar yang berjumlah 15 orang siswa, terdiri dari 3 orang laki-laki dan 12 orang perempuan pada semester II tahun pelajaran 2020/2021. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data kualitatif dan data kuantitatif yang terdapat dalam data aktivitas guru, aktivitas siswa dan hasil belajar. Indikator keberhasilan dalam penelitian ini adalah (1) Aktivitas guru dikatakan berhasil apabila skor yang diperoleh minimal berada pada kriteria “baik” (skor 20-26); (2) Aktivitas siswa dikatakan berhasil apabila jumlah siswa minimal berada pada kriteria “aktif” mencapai ≥80% dari seluruh siswa; (3) Siswa dikatakan tuntas belajar secara individual apabila nilai yang diperolehnya ≥70, sedangkan secara klasikal dinyatakan berhasil apabila siswa yang tuntas belajar ≥80%.

Hasil penelitian menunjukkan aktivitas guru dalam melaksanakan pembelajaran pada pertemuan 3 mencapai skor 28 dengan kriteria sangat baik. Aktivitas siswa secara klasikal mengalami peningkatan hingga pada pertemuan 3 menjadi 86,67% dengan kriteria hampir seluruhnya aktif. Sedangkan hasil belajar juga mengalami peningkatan secara klasikal hingga pada pertemuan 3 menjadi 93,33%. 

Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pada pertemuan 3 pelaksanaan model Survey, Question, Read, Recite, Review (SQ3R) dan Numbered Heads Together (NHT) dilaksanakan dengan sangat baik oleh guru sehingga berdampak pada peningkatan aktivitas siswa dan hasil belajar siswa kelas 5 SDN Tatah Pemangkih Laut 2 Kabupaten Banjar. Disarankan kepada peneliti lain, agar dapat memanfaatkan hasil penelitian ini sebagai referensi untuk penelitian dan sebagai bahan pembanding untuk lebih memperdalam penelitian selanjutnya dalam upaya meningkatkan kemampuan membaca pemahaman pada materi menemukan informasi.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI