DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Analisis Faktor-faktor yang Berpengaruh dalam Penanganan Ruas Jalan Kabupaten di Kabupaten Tapin
PENGARANG:ILHAM NUR AHZAN
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2021-08-16


Penentuan penanganan jalan merupakan salah satu hal yang komplek bagi pengambil kebijakan. Penanganan jalan merupakan objek yang abstrak dan melibatkan banyak faktor maupun indikator yang sangat perlu diperhatikan agar keputusan dan kebijakan yang diambil bisa dipertanggungjawabkan secara teknis maupun dari segi non-teknis. Penelitian untuk menentukan faktor-faktor apa saja yang berpengaruh dalam penanganan jalan merupakan berupa pendekatan untuk mengetahui berapa sensitivitas faktor dan indicator dalam mempengaruhi para pengambil kebijakan dalam penentuan penanganan jalan tersebut.

Penentuan factor atau variable sudah banyak dikemukakan pada penelitian sebelumnya sehingga dalam penelitian ini penulis hanya mengumpulkan faktor atau variable beserta indikatornya yang releevan dan yang sesui dengan prosedur umum di Bidang Bina Marga Dinas PUPR Kabupaten Tapin kemudian disebarkan kepada responden di lingkup Kabupaten Tapin. Data yang didapatkan diolah dengan perangkat lunak Smart-PLS diuji dengan melakukan asesmen terhadap nilai loading, AVE, crobach’s alpha, composite reliability, cross loading, p-value, dan VIF.

Hasil analisis mengasilkan 38 indikator reflektif dan 6 indikator formatif yang dianyatakan valid dan reliable sebagai pengukur kebijakan penanganan jalan di Kabupaten Tapin. Adapun untuk memilih beberapa indicator yang dominan atau signifikan dilakukan analisis SWOT dan diperoleh hasil bahwa 24 indikator yang signifikan yaitu (1) jalan beton, (2) arus atau volume, (3) kecepatan rendah, (4) jalan sekitar perkotaan, (5) derajat kejenuhan, (6) kapasitas, (7) volume kendaraan ringan, (8) volume bus, (9) akses tinggi, (10) kemudahan mencapai tempat tinggal (11) musrembang, (12) kelancaran lalu lintas, (13) kondisi saluran, (14) retak pada pinggir jalan, (15) banyaknya lubang, (16) jumlah penduduk, (17) presentasi kerusakan, (18) retak buaya, (19) presentasi tambalan (20) nilai ITP buruk, (21) kondisi bahu jalan, (22) DS lalu lintas tinggi, (23) retak halus, dan (24) kondisi trotoar.

 

Kata Kunci: penanganan jalan; Smart-PLS; indicator reflektif; indicator formatif.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI