DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Peranan Kelompok Tani Dalam Meningkatkan Etos Kerja Petani Ditinjau Dari Prespektif Kewarganegaraan Di Desa Binaan Baru Kecamatan Belawang Kabupaten Barito Kuala
PENGARANG:HAMRULLAH
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2021-08-16


ABSTRAK

 

Hamrullah. 2021. Peranan Kelompok Tani Dalam Meningkatkan Etos Kerja Petani Prespektif Kewarganegaraan di Desa Binaan Baru Kecamatan Belawang Kabupaten Barito Kuala. Skripsi. Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) FKIP Universitas Lambung Mangkurat. Pembimbing (I) Wahyu, Pembimbing (II) Mariatul Kiptiah.

Kata Kunci : Kelompok Tani, Etos Kerja, Kewarganegaraan (Civic Skills)

Keberadaan Kelompok tani mempunyai hubungan erat dengan kewarganegaraan Civic Skills atau keterampilan warganegara yang menjadikan petani meningkatkan etos kerja. Aktivitas kelas belajar dan wahana kerjasama kelompok tani pada keterampilan petani meningkatkan etos kerja petani memiliki sikap kerja keras dan ulet untuk bekerja.

Masalah penelitian ini adalah upaya peranan kelompok tani sangat penting terhadap anggotanya (petani)  kelompok tani, kelas belajar dan wahana kerja sama pada etos kerja petani. Penelitian ini dilakukan di desa Binaan Baru Kecamatan Belawang dengan luas wilayah lahan peranian 8.023 Hadengan mayoritas bermata pencaharian sebagai petani. Hal itulah yang membuat peneliti tertarik mengali kelompok tani pada Civic Skills Keterampilan yang ada pada kerja keras dan ulet petani.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keberadaan Civic Skills yang terkandung dalam Etos Kerja petani di Desa Binaan Baru. Pendekatan yang digunakan adalah kualitatif dengan metode field research (penelitian lapangan) yang dinarasikan dan deskripsikan secara ilmiah. Sumber data diperoleh melaui porpusive sampling dimana Peneliti turun langsung kelapangan dengan observasi, wawancara dan mendokumentasikan Petani di Desa Binaan Baru yang melakukan kegiatan kelompok tani.

Hasil penelitian ini didapat pada kelompok tani Desa Binaan Baru: (1) Etos kerja petani meliputi: (a) Kerja keras dan uletpada aktivitas kelas belajar kelompok tani memberikan pelatihan keterampilan petani mengunakan alat mesin pertanian yang baik dan benar maka petani akan lebih giat bekerja. (2) Sikap etos kerja petani meliputi: (a) Kerja keras dan ulet  petani memberikan kerjasama keterampilan petani dengan mengunakan alat mesin, membangun irigasi  dan tidak membakar lahan pertanian. (3) Kendala kelompok tani meliputi: keterbatasan alat mesin pertanian dan kelangkaan pupuk bersubsidi, etos kerja petani menjawab hambatan kelompok tani dapat dilihat pada kerja keras dan ulet petani di Desa Binaan Baru.

Saran dari penelitian ini adalah petani Desa Binaan Baru, untuk mempertahankan semangat kerja  keras dan tekun  petani pada aktivitas kelas belajar dan wahana kerjasama  kegiatan kelompok tani. Memperkuat Kerjasama koordinasi kelompok tani dengan koperasi untuk menyelesaikan minimnya kebutuhan petani dengan peran penyuluhan petani mendukung kelompok tani.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI