DIGITAL LIBRARY



JUDUL:IMPLEMENTASI MODEL CINTA MELALUI BLENDMEDIA MENINGKATKAN AKTIVITAS, KOMUNIKASI DAN HASIL BELAJAR SISWA
PENGARANG:NOOR JANNAH
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2021-08-16


 

Jannah, Noor. 2021. Implementasi Model CINTA melalui Blendmedia Meningkatkan Aktivitas, Komunikasi dan Hasil Belajar Siswa. Skripsi Program Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Pembimbing: Diani Ayu Pratiwi, M.Pd

 

Kata Kunci:  CINTA, Blendmedia, Aktivitas, Komunikasi, Hasil Belajar.

 

Permasalahan penelitian adalah rendahnya aktivitas siswa dan keterampilan komunikasi sehingga berdampak pada rendahnya hasil belajar  siswa pada muatan pelajaran PKn. Hal ini disebabkan karena pembelajaran yang bersifat satu arah, siswa masih bersifat pasif, pembelajaran cenderung abstrak, siswa tidak terbiasa berpikir kritis,kreatif dan materi sulit dipahami. Salah satu upaya meningkatkan aktivitas siswa, keterampilan komunikasi dan hasil belajar yaitu dengan menggunakan kombinasi Model pembelajaran CINTA (Learning Cycle, Inside Outside Circle, Creative Problem Solving dan Course Review Horay) melalui Blendmedia. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah meningkatkan aktivitas guru, siswa, keterampilan komunikasi dan hasil belajar siswa.  Penelitian ini menggunakan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian yakni siswa kelas II SDN Tabunganen Tengah 2 Kabupaten Barito Kuala tahun pelajaran 2020/2021 sebanyak 6 orang. Jenis data penelitian yang digunakan adalah data kualitatif dan kuantitatif. Data kualitatif diperoleh dari hasil observasi aktivitas guru, siswa dan keterampilan komunikasi siswa. Sedangkan data kuantitatif diperoleh dari teknik pengukuran tes tertulis secara individu berupa lembar kerja siswa dan evaluasi. Analisis data pada kualitatif menggunakan analisis narasi, sedangkan kuantitatif menggunakan analisis deskripsi berupa interpretasi persentase Cross Tabulation Analysis.Hasil penelitian mengungkapkan bahwa aktivitas guru pada pertemuan I memperoleh skor 30, pertemuan II 32, pertemuan III skor meningkat 34 dan pertemuan IV skor mencapai maksimal 35  dengan kualifikasi sangat baik. Aktivitas Siswa pertemuan I hanya 50%, pertemuan II 67%, pertemuan III 83% serta pertemuan IV meningkat secara signifikan 100% dengan kualifikasi sangat aktif dan aktif. Keterampilan komunikasi pada pertemuan I 33%, pertemuan II 67%, pertemuan III 83% dan pertemuan IV meningkat secara signifikan 100% dengan kualifikasi sangat aktif dan aktif. Sehingga hal ini berdampak pada hasil belajar ranah afektif dari pertemuan I 67% menjadi 100%, kognitif 50% menjadi 100% dan ranah psikomotorik 67% meningkat menjadi 100%. Berdasarkan hasil temuan dapat disimpulkan bahwa model CINTA melalui Blendmedia berhasil meningkatkan aktivitas guru, aktivitas siswa, keterampilan komunikasi dan hasil belajar siswa. Disarankan dalam penggunaan model CINTA melalui Blendmedia dapat dijadikan sebagai salah satu referensi alternatif dalam meningkatkan aktivitas dan komunikasi yang berdampak pada peningkatan hasil belajar siswa.

 

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI