DIGITAL LIBRARY



JUDUL:ANALISIS KOMPARATIF PENERAPAN KOMBINASI MODEL GROUP INVESTIGATION (GI), CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) / SOMATIC, AUDITORY, VISUALIZATION, INTELLECTUALLY (SAVI) DILENGKAPI DENGAN MODEL COURSE REVIEW HORAY (CRH) PADA MUATAN PKN TEMA 7 PERISTIWA DALAM KEHIDUPAN KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI
PENGARANG:MUHAMMAD AL MADANI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2021-08-16


 

Madani, Muhammad Al. 2021. Analisis Komparatif Penerapan Kombinasi Model Group Investigation (GI), Contextual Teaching and Learning (CTL)/ Somatic, Auditory, Visualization, Intellectually (SAVI)dilengkapi dengan Model Course Review Horay (CRH) pada Muatan PKN Tema 7 Peristiwa dalam Kehidupan Kelas V Sekolah Dasar Negeri. Skripsi Program S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lambung Mangkurat. Dosen Pembimbing : Dr. H. Ahmad Muhyani Rizalie, M.Si

Kata Kunci: Analisis Komparatif, Group Investigation, Contextual Teaching and Learning, Somatic, Auditory, Visualization, Intellectually, Course Review Horay

 

 

Permasalahan penelitian adalah siswa kurang berpikir kritis, pembelajaran kurang bermakna, siswa cepat bosan, pembelajaran masih satu arah dan bersifat konvensional, siswa hanya menghafal dan mengingat materi yang diajarkan sehingga berdampak pada hasil belajar. Upaya memecahkan masalah tersebut diperlukan studi kasus penelitian kepustakaan melalui dua buah skripsi oleh Pertiwi Dewiyanti Puteri dan Lidya Nanda Lestari yang memiliki permasalahan yang sama dengan beberapa sekolah yang diteliti berdasarkan wawancara. Tujuan dari penelitian adalah menganalisis lebih detail tentang aktifitas guru, siswa maupun hasil belajar dengan beragam model GI, SAVI/CTL dilengkapi CRH. Metode penelitian menggunakan desain multisitus dan analisis data dilakukan dalam dua tahap: analisis data dan analisis interpersonal.Analisis komparatif mempunyai empat tahap berupa pengumpulan data-data, mengurangi kegiatan, pengajuan data dan penarikan kesimpulan. Pada skripsi pertama, Pertiwi Dewiyanti Puteri aktifitas guru memperoleh skor 27 keterangan “sangat baik”, aktifitas siswa mencapai persentase klasikal 89% keterangan “sangat aktif” dan hasil belajar mencapai 97% keterangan “tuntas”. Sedangkan skripsi kedua oleh Lidya Nanda Lestari pada aktifitas guru memperoleh skor 26 keterangan “sangat baik”, aktivitas siswa 93,3%  “sangat aktif” dan hasil belajar/evaluasi mencapai 93,3% keterangan “tuntas”. Berdasarkan temuan penelitian kepustakaan tersimpulkan bahwa hasil penelitian aktifitas guru, siswa maupun hasil belajar siswa berhasil sama-sama meningkat lebih baik.

 

 

 

 

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI