DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PENGARUH PEKERJAAN ORANG TUA DAN PENDIDIKAN ORANG TUA PETANI TAMBAK IKAN TERHADAP MINAT BERWIRAUSAHA SISWA SMK DI DESA SUNGAI PUTING DI KECAMATAN CANDI LARAS UTARA
PENGARANG:Ikhsan Suryadi
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2021-08-17


ABSTRAK

Ikhsan Suryadi, 2021. Pengaruh Pekerjaan Orangtua dan Pendidikan Orang Petani Tambak Ikan Terhadap Minat Berwirausaha Siswa SMK di Desa Sungai Puting di Kecamatan Candi Laras Utara).Skripsi, Program Studi Pendidikan Ekonomi, FKIP Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Pembimbing: Mahmudah Hasanah, M.Pd

 

Kata Kunci : Pekerjaan Orangtua, Pendidikan Orang Petani Tambak Ikan, Minat Berwirausaha Siswa 

Minat berwirausaha dalam diri siswa SMKN 1 Tapin Selatan dan SMKN 1 Rantau pada jurusan BDP (Bisnis Daring Pemasaran) masih rendah, hal ini dapat dilihat dari keinginan-keinginan siswa yang ingin bekerja di sebuah instansi setelah lulus SMK. Siswa kurang mendapatkan dorongan tentang pentingnya berwirausaha di zaman  sekarang ini yang serba sulit untuk mencari pekerjaan yang lebih dan yang dinginkan mereka. Sebenarnya pentingnya cara pandang yang baik kepada pekerjaan yang dapat memberikan prospek sebagai petani tambak ikan tersebut diharapkan dapat mendongkrak ekonomi keluarga dan juga ekonomi daerah akan datang. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahuai Pengaruh Pekerjaan Orangtua dan Pendidikan Orang Petani Tambak Ikan Terhadap Minat Berwirausaha Siswa SMK di Desa Sungai Puting di Kecamatan Candi Laras Utara).

Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode korelasi yaitu mengetahui hubungan antar variabel. Populasi penelitiannya berjumlah 255 orang dengan teknik simple random sampling dengan sampel dalam penelitian ini adalah 72 orang siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan dua macam yaitu kuesioner dan dokumentasi. Analisis data menggunakan uji regresi linear berganda, uji t dan uji F. 

Hasil penelitian menunjukkan bahwaada pengaruh pekerjaan terhadap Minat Berwirausaha Siswa SMK Di Desa Sungai Puting di Kecamtan Candi Laras Utara sebesar 0,642 dengan taraf signifikan adalah 0,000<0,05. Hal ini termasuk dalam kategori “pengaruh sedang”. Ada pengaruh pendidikan orang sebesar 0,662 dengan tarafi signifikan adalah 0,000 < 0,05 terhadap Minat Berwirausaha Siswa SMK di Desa Sungai Puting di Kecamatan Candi Laras Utara, Hal ini termasuk dalam kategori “pengaruh sedang”. Ada pengaruh pekerjaan orangtua dan pendidikan orangtua  hasil uji  F hitung lebih besar dari pada nilai F tabel (4,539 > 3.09) dengan tingkat signifikan di bawah 0,05 yaitu 0,000.  Hasil dari tingkat kuefesine variabel pekerjaan (X1) dan pendidikan (X2) dengan variabel terikat yaitu minat siswa berwirausaha. Selain itu dapat diperoleh pula informasi berapa koefisien determinasi adalah sebesar (0,116) = 11,6%. Hal ini termasuk dalam kategori “pengaruh kurang kuat”

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI